Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Contoh Kemasan dari Kertas yang Mudah Digunakan

Contoh Kemasan Dari Kertas Yang Mudah Digunakan

Kamasan memiliki bahan dan jenis yang berbeda-beda. Hal ini pastinya disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dipakai. Beberapa jenis kemasan mementingkan daya tahan, sementara jenis yang lain juga bisa dipilih karena mampu memerindah tampilan. Salah satu kemasan yang populer adalah kertas. Contoh kemasan dari kertas ini biasanya digunakan untuk berbagai hal kebutuhan. Misal untuk kemasan pakaian, makanan, hingga berbagai peralatan lainnya. Jenis kemasan makanan dengan bahan baku kertas ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan kering. Untuk pakaian, biasanya kemasan kertas bisa berupa paperbag.

Penggunaan contoh kemasan dari kertas ini banyak dijumpai karena kemasan dari kertas dinilai lebih ramah lingkungan. Selain itu, harga dari kemasan ini juga bisa dikatakan lebih murah. Sayangnya, kemasan ini tidak tahan dengan air dan mudah robek. Maka perlu untuk mengetahui karakteristik benda yang akan dibungkus dengan menggunakan kemasan kertas ini. Kelebihan lain dari berbagai contoh kemasan dari kertas adalah sifatnya yang lebih fleksibel. Fleksibel ini maksudnya adalah mudah dilipat dan dibentuk. 

Ada beberapa jenis bahan kertas yang bisa digunakan untuk kemasan ini. Beberapa jenis kertas ini antara lain kertas kraft, kertas tahan lemak atau kertas minyak, kertas lilin, dan berbagai jenis kertas yang lain. Penggunaannya tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan. Selain itu, ada juga yang menggunakan kertas laminasi, kertas karton, paper broad, berbagai jenis board lain yang tebal sebagai kemasan bahan yang besar. Sedangkan jenis kertas modifikasi dengan campuran plastik atau foil logam akan digunakan untuk mengemas beberapa bahan yang mudah rusak.

Contoh Kemasan dari Kertas

Penggunaan kertas sebagai kemasan produk menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi. Ada berbagai contoh kemasan dari kertas yang bisa kita jumpai dengan mudah di sekitar kita. Bentuk dan ukurannya juga tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhannya. Ada beberapa jenis contoh kemasan dari kertas yang biasanya digunakan untuk membungkus. Apa saja itu?

Kertas Glasin dan Tahan Minyak untuk Kemasan Makanan

Contoh Kemasan dari Kertas

Kertas jenis ini biasanya akan memadukan pulp dan plastisizer agar membuat kemasan menjadi lebih lentur dan lembut. Jenis kemasan dengan menggunakan kartas ini cocok untuk mengemas berbagai jenis makanan karena sifatnya anti lengket. Contoh kemasan dari kertas jenis ini biasanya bisa ditemukan dalam box nasi atau kertas minyak untuk nasi uduk. Kandungan antioksidan di dalam kertas menjadikan bakteri lambat untuk tumbuh sehingga lebih awet.

Baca juga: Contoh Kemasan Kaleng

Selain itu, kemasan yang anti lengket dari contoh kemasan dari kertas ini biasanya memiliki permukaan kartas yang mengkilap. Biasanya akan mudah dibersihkan, lebih taha lama, tahan terhadap minyak dalam kadar tertentu. Meski demikian, kemasan dari kertas ini tidak tahan dengan air karena kandungan air biasanya akan lebih memiliki massa jenis yang lebih tinggi.

Kertas Kraft untuk Kemasan Keju

Kertas Kraft

Jika kamu pernah melihat berbagai kemasan keju di luar negeri dan olahannya dari pabrik, biasanya makanan ini dibungkus menggunakan kertas kraft. Kertas ini memiliki warna cokelat dan memiliki ketebalan tertentu. Kertas ini juga lebih kuat sehingga banyak digunakan untuk pembuatan kantong makanan dalam jumlah dan ukuran yang besar. Kemasan seperti ini biasa digunakan untuk kebutuhan mengemas makanan atau sayuran.

Di beberapa negara jenis kertas ini digunakan untuk membungkus keju yang masih diolah dari pabriknya. Penggunaan kertas ini sebagai bahan kemasan memiliki kelebihan pada tetap kering di bagian permukaannya karena memiliki lapisan resin. Maka tak heran jika banyak dipilih untuk kebutuhan pembungkus makanan dan berbagai keju di Eropa.

Kemasan dari Kertas Perkamen

Kertas Perkamen

Kertas perkamen merupakan salah jenis kertas yang digunakan untuk memngkus makanan lagi. Contoh kemasan dari kertas ini biasanya ditemukan di beberapa makanan dengan kadar lemak yang cukup tinggi. Beberapa contohnya antara lain margarin, keju, ikan, daging, bahkan juga kopi. Sifat dari kertas ini adalah mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap lemak. Selain itu, kertas ini juga mempunyai daya tahan yang baik pada kondisi basah meskipun di dalam air yang mendidih karena bebas serat. Jika digunakan, kertas ini lebih tidak berbau dan tidak berasa, juga transparan.

Kertas Lilin untuk Kemasan

Jika kamu pernah mendengar kertas lilin maka ya ini adalah salah satu jenis kertas yang digunakan untuk kemasan beberapa bahan yang kerasa. Contoh kemasan dari kertas lilin ini bisa ditemukan di beberapa produk, misalnya adalah sabun dan tembakai. Biasanya kertas ini memiliki bahan baku pembuatan dari lilin paraffin yang memiliki titik cair pada 46-74 derajat celcius. Keberadaan kertas ini biasanya akan dicampur dengan polietilen atau petrolatum. Biasanya kertas ini memiliki sifat untuk mengambat air dan minyak yang masuk ke dalam kemasan.

Penggunaan Daluang (Container board) untuk Kemasan

Container board

Jenis kertas ini memang jarang digunakan. Contoh kemasan dari kertas ini tidak banyak ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Kertas jenis ini banyak digunakan untuk beberapa macam kemasan yang bisa ditemukan dalam beberapa kartun beralur. Ada dua jeni kertas ini, yang pertama adalah line board dan yang kedua adalah corrugated medium. Yang membedakan keduanya adalah bahan baku penyusunnya.

Jenis Chipboard untuk Pengemasan Luar

Jika kamu pernah melihat kemasan luar dari berbagai kertas yang tebal, bisa jadi ini adalah kertas chipboard. Contoh kemasan dari kertas chipboard ini biasanya juga bisa ditemukan dalam kemasan gelas atau kaca. Sifat kemasan ini biasanya lebih keras sehingga bisa melindungi kaca atau berbagai keramik di dalamnya dari berbagai benturan. Dengan demikian, maka benda di dalamnya bisa lebih terlindung. Jenis kertas ini masuk ke dalam ranah kertas karton, di mana tidak terlalu tebal dan kaku tetapi lebih mampu untuk melindungi berbagai isi di dalamnya.

Baca juga: Bahan Kemasan Makanan Plastik

Kemasan dengan Kantong Kertas

Apakah kamu pernah mengamati teh celup? Kemasan ini menggunakan kertas dengan bentuk kantong. Penggunaan kantong sebagai kemasan teh ini digunakan karena bisa meresapkan kandungan teh atau isian lainnya ke dalam air. Contoh kemasan dari kertas kantong ini memiliki tekstur yang tidak terlalu rapat dan tidak mudah robek. Berbagai jenis kemasan ini menjadi salah satu keunggulan sehingga banyak dipilih untuk mengemas berbagai ragam jenis minuman.

Kertas Kardus untuk Kemasan Box

Salah satu kemasan dari kertas yang tidak asing lagi adalah kertas kardus. Penggunaan kardus sudah banyak diaplikasikan dalam banyak hal. Contoh kemasan dari kertas kardus ini bisa ditemukan di berbagai pengemasan luar. Biasanya digunakan untuk keperluan kemasan yang lebih besar dan menjadi wadah sekunder atau bahkan tersier dari sebuah produk kemasan. Jenis kardus ini sendiri pun memiliki berbagai variasi dan jenis yang berbeda. Mulai dari kardus dengan ketebalan yang besar hingga kardus tipis seperti kertas karton. Biasanya daya tahan kardus lebih baik sehingga digunakan untuk berbagai kemasan luar.

Demikian tadi beberapa contoh kemasan dai kertas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Mana yang paling banyak kamu gunakan?

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.