Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Reaksi Soda Api dengan Air Dingin dan 3 Fungsinya

reaksi soda api dengan air dingin
reaksi soda api dengan air dingin

Penasaran bagaimana reaksi soda api dengan air dingin? Ternyata pemakaian bahan tersebut sudah banyak dilakukan terlebih untuk mengatasi hal-hal tersumbat dalam urusan rumah tangga. Apa saja itu? Mari bahas lebih lengkapnya!. 

Seringkali kita menghadapi masalah pipa tersumbat dan juga WC mampet Sistem drainase yang tidak berfungsi dengan baik bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Tentu saja, ini tidak bisa dibiarkan. Cara langsung mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan soda api. 

Sebelum lebih jauh, kamu perlu tahu nama kimia soda api adalah Natrium Hidroksida (NaOH) dan juga dikenal sebagai alkali

Soda api sendiri berasal dari bahan aslinya, natrium hidrat, dan disebut api karena sifatnya yang sangat korosif. Inilah fungsi menarik dari bahan kimia tersebut saat digunakan untuk menormalkan kembali pipa dan juga kloset yang tersumbat. 

Bagaimana Reaksi Soda Api dengan Air Dingin?

Soda kue menyebabkan reaksi kimia ketika bersentuhan dengan kotoran, makanan, rambut, daun, dan bahan organik lainnya. Kelebihan soda api adalah mudah larut dalam air. Terlebih ketika kamu melarutkan bahan tersebut ke dalam air dingin. 

Air dingin bisa membantu melarutkan soda api dan memaksimalkan fungsinya. Meskipun terkadang ada juga yang melarutkan bahan tersebut dengan air panas, penggunaan dengan air dingin jauh lebih bisa membuat pipa menjadi tidak rusak. 

Apa Saja Fungsi dari Soda Api untuk Masalah Rumah Tangga? 

Berikut adalah beberapa fungsi dari penggunaan soda api yang bisa membantu perbaiki masalah rumah tangga. Penting untuk kamu ketahui!. 

1. Mengatasi Wastafel Yang Tersumbat

Fungsi soda api untuk saluran air pertama adalah masalah pada wastafel. Banyak orang percaya bahwa soda api mampu mengatasi penyumbatan di wastafel. Tetapi sebelum kamu mulai, lindungi  mata, mulut, dan kulit kamu, dan buka pintu atau jendela terdekat. 

Setelah semuanya siap, tambahkan soda api yang bisa kamu beli di toko bangunan, lalu bilas dengan air panas. Kamu akan mendengar suara gelembung nantinya, yang berarti bahan tersebut bereaksi. 

Biarkan selama beberapa menit sebelum menuangkan air ke atasnya untuk memeriksa apakah sumbatannya bersih. Ulangi metode ini lagi jika penyumbatan masih berlanjut.

2. Memperbaiki WC Yang Mampet

Sifat korosifnya membuat soda api sangat efektif untuk menguras toilet yang mampet, seperti apa yang pernah dijelaskan di CV Mitra Sabena. Ini cukup mudah kamu lakukan. Kamu hanya perlu menuangkan secangkir baking soda di permukaan air di toilet. Kemudian tunggu hingga mengendap.

Reaksi soda api saat kamu tuangkan ke dalam WC mampet nantinya akan timbul seperti gelembung udara, namun pastikan gelembung tersebut tidak sampai keluar dari WC. 

Tunggu sekitar satu jam. Kemudian kamu bisa membilasnya dengan air bersih yang banyak. Namun jika masalah mampet tersebut masih belum teratasi dengan soda kue, ada baiknya kamu konsul ke jasa sedot WC Jakarta Utara untuk mengetahui apa masalah sebenarnya yang membuat tersumbat. 

3. Mengatasi Selokan Yang Tersumbat

Sama seperti saluran lainnya, saluran air yang sempit terkadang mudah tersumbat. Sampah organik seringkali menyumbat saluran air sehingga menyulitkan jalannya air. Selain itu, talangnya pun terbuat dari pipa dan sangat sulit apabila kamu bongkar.  

Di sinilah peran soda api sangat penting dalam memulai kembali drainase di selokan. Fungsi soda api pada saluran yang tersumbat akan melarutkan bahan organik berupa daun-daun dan lainnya yang tersangkut di selokan.

Nah, jadi seperti itulah reaksi soda api dengan air dingin dan tiga fungsinya untuk memperbaiki masalah rumah tangga. 

Baca Juga: 4 Cara Pemasangan Geotextile Nonwoven Dengan Teknik Terbaik

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.