Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

Contoh Strategi Pemasaran Instagram Terbaik

instagram 3157976 640

Sejak lama, saya telah melihat bagaimana Instagram adalah jejaring sosial yang semakin berbobot dan disukai di kalangan anak muda. Tidak mengherankan jika merek, meskipun melakukan tindakan transversal di jejaring sosial mereka, mendedikasikan lebih banyak upaya untuk Instagram. 

Pada postingan kali ini kita akan menganalisa mengapa hal tersebut terjadi dan kita juga akan melihat contoh-contoh strategi pemasaran Instagram dari brand yang menjadi tolak ukur dalam pengelolaan Instagram mereka. 

Baca terus jika Anda ingin merek-merek ini menginspirasi Anda!


Pertama, alasan mengapa semua perusahaan ingin hadir di Instagram? Itu karena jaringan yang tidak berhenti tumbuh dan juga jaringan tempat pengguna paling banyak berinteraksi dan di mana mereka menghabiskan lebih banyak waktu. 

Dalam hal ini, baik platform itu sendiri maupun mereknya selaras karena, di satu sisi, platform tertarik pada pengguna yang menghabiskan waktu sebanyak mungkin di jaringannya. 

Di sisi lain, merek tahu bahwa jika mereka tidak hadir di Instagram, mereka tidak akan mencapai ketenaran yang mereka cari.

Mengapa Instagram adalah jejaring sosial yang disukai untuk merek?

Sebagai alasan kedua, kami menemukan konten yang saat ini menjadi yang paling populer di Instagram: konten singkat dan video. 

Meskipun di level video, platform yang paling asli adalah YouTube, Instagram berada di depan di level penggunaan video. Oleh karena itu, kami mengamati bagaimana merek memilih untuk menggunakan cerita untuk konten dan kampanye iklan mereka, serta Sorotan Instagram. 

Dan tentunya, kemampuan untuk menggunakan fungsi; Call To Action Instagram yang dapat mendorong terjadinya konversi secara signifikan.

Juga karena Instagram memiliki IGTV, kami melihat argumen lain di mana merek lebih bertaruh pada saluran ini dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya.

Terakhir, aspek lain yang sangat relevan yang membantu merek adalah penggunaan tagar. 

Contoh Strategi Pemasaran Instagram

Untuk alasan ini, mereka juga memilih Instagram dan datanya menunjukkan ini: 7 dari 10 tagar yang digunakan di Instagram sesuai dengan merek. Melalui elemen tersebut, pengguna dapat mengatur dan mengkategorikan konten dan postingan.

Oscar de la Renta

Brand haute couture, Oscar de la Renta, mempekerjakan wakil presiden komunikasi, Erika Bearman, sebagai yang bertugas mengunggah foto ke profil Instagram-nya. Oscar de la Renta adalah perusahaan yang menggunakan Instagram untuk memasarkan merek-merek besar secara personal karena foto-foto Bearman-lah yang menawarkan hasil terbaik untuk audiensnya.

Oscar de la Renta mengunggah foto-foto dari belakang panggung acaranya, serta gambar-gambar dari kehidupan Bearman yang menjadi protagonis sejati akun Instagram tersebut.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Secara Online Tanpa Modal

Amal: air

LSM ini, berdedikasi untuk membawa air minum, bersih dan aman ke berbagai belahan bumi. Akun Instagram-nya didedikasikan untuk mengunggah foto-foto para fotografer sukarelawannya. Ini adalah foto orang-orang yang sederhana, hidup, dan positif dalam situasi dekat dan sehari-hari.

Mereka adalah gambaran dari contoh kehidupan yang berubah berkat pekerjaan mereka. Tujuannya adalah untuk bercerita, dekat, sederhana, positif dan yang berkontribusi pada gagasan mengatasi hambatan dan masa depan yang lebih baik.

Starbucks

Perusahaan kedai kopi paling terkenal di dunia mempekerjakan fotografer ternama untuk mengambil foto semua jenis produk dan layanan Starbucks (kafe, meja, kursi, pelayan…). Mereka menunjukkan tempat mereka, cara memilih rasa, dll.

Di antara perusahaan Instagram untuk pemasaran merek-merek besar, Starbucks merupakan salah satu perusahaan yang mendorong para pecinta kopi untuk membagikan fotonya dengan tampil di akun resmi Starbucks.

Fifa World Cup

Akun resmi Piala Dunia Sepak Bola 2014 yang diadakan di Brasil adalah akun yang didedikasikan untuk mengupload foto-foto piala dunia sepak bola. 

Ini adalah akun yang menawarkan kemungkinan untuk berbagi pengalaman para peserta dan penonton Piala Dunia Sepak Bola 2014. 

Selain mengunggah foto-foto resmi, kami harus menambahkan tagar #myworldcup, yang didedikasikan untuk mengelompokkan foto-foto yang dinaikkan para penggemar selama hari-hari turnamen. 

Itu adalah cara menyatukan para penggemar sepak bola yang datang ke Brasil untuk menghidupkan hasrat mereka terhadap sepak bola.

Museum Seni Metropolitan

Metropolitan Museum of Art adalah kasus aneh dalam memasarkan merek-merek besar di Instagram. Museum ini menawarkan kemungkinan memasuki pusat untuk fotografer hebat dengan banyak pengikut di jejaring sosial di luar jam kunjungan. Satu-satunya syarat adalah menandai foto dengan hashtag #emptymet dan link ke akun @metmuseum, agar foto tersebut muncul di akun Instagram utama museum.

Strateginya berhasil karena semua orang suka berfoto. Strateginya menarik, sama seperti film Night at the museum. The Met juga memberikan kemungkinan untuk mempromosikan fotografer dan museum pada saat yang bersamaan.

Lego

Ini adalah contoh yang sangat bagus dari kampanye sosial melalui Instagram yang berhasil mengumpulkan lebih dari 3,5 juta pengikut. Ini benar-benar bukan hanya akun yang berfokus pada anak-anak, tetapi merek ini membuat anggukan konstan pada kejadian terkini serta elemen budaya pop. Di bawah proposisi bahwa segala sesuatu dengan Lego bisa mengejutkan, merek tersebut menghasilkan konten yang sangat bervariasi untuk menghibur pengikutnya (elemen penasaran, rekomendasi tentang cara menggunakan potongan Lego untuk cara menghias yang menyenangkan, video pendek dengan karakter terkenal, dll.). Kombinasi yang sangat bagus yang membuat pengikut Anda tumbuh secara eksponensial.

Shiseido

Di sini kita melihat merek lain yang juga melakukan strategi yang sangat baik di tingkat Instagram karena karena misinya, jejaring sosial ini sangat cocok. Misi Shiseido adalah berbagi seni, sains, dan keindahan dengan dunia. Produk mereka ditentukan oleh DNA ini dan juga dihirup di akun Instagram mereka. Kami melihat sekumpulan foto artistik, secara estetika sangat serasi dan di mana produk mereka tidak selalu muncul. Aspek aneh lainnya adalah jika kita melihat pada feed Shiseido, kita akan melihat cara asli untuk mempublikasikan foto yang, pada beberapa kesempatan, berfungsi sebagai teka-teki.

Nike

Nike adalah salah satu merek paling sukses yang telah menguasai seni strategi pemasaran Instagram. Merek ini menjadi tolok ukur untuk beberapa kampanye kreatif di mana mereka menautkan produk NikeID yang dipersonalisasi bersama dengan Instagram. Melalui situs web yang mereka buat untuk ini, pengguna dapat memilih foto yang mereka sukai dan dengan demikian dapat mempersonalisasi sepatu mereka dengan cara ini. Perhatikan juga bahwa fokus kampanye ini juga berupaya untuk menghasilkan viralitas karena konsumen, setelah mereka memiliki sepatu yang dipersonalisasi, membagikannya di jejaring sosial.

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.