Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Contoh Kemasan Kaleng untuk Makanan dan Minuman

Contoh Kemasan Kaleng Untuk Makanan Dan Minuman

Kaleng menjadi salah satu pilihan kemasan yang banyak digunakan. Ada berbagai jenis contoh kemasan kaleng di sekitar kita. Penggunaan kemasan ini pastinya selalu disesuaikan dengan kebutuhan agar sesuai dengan standar keamanan makanan bukan? Berbagai jenis kemasan makanan memang memiliki beberapa standar, termasuk penggunaan kaleng. Jika kamu sering menjumpai berbagai jenis kemasan dengan menggunakan kaleng, pastinya sudah tahu dong jenis kemasan ini bagaimana wujud dan kegunaannya.

Berbagai makanan dan minuman yang disimpan atau dikemas dengan menggunakan kaleng biasanya berupa makanan yang diawetkan atau difermentasikan. Sehingga, penggunaan kaleng ini menjadi salah satu wadah yang banyak dipilih untuk kebutuhan kemasan. Contoh kemasan kaleng untuk makanan yang paling populer tentu saja berbagai jenis olahan sarden atau ikan. Hampir semua produk makanan ini dikemas dengan menggunakan kaleng dengan bahan alumunium atau juga logam. Maka tak heran jika kemasan sarden menjadi lebih kuat.

Contoh Kemasan Kaleng Untuk Makanan Dan Minuman

Contoh Kemasan Kaleng dalam Makanan

Contoh Kemasan Kaleng Untuk Makanan Dan Minuman
Cans of CJ CheilJedang Spam ham sit on the production line at the company’s factory in Jincheon, South Korea.

Jika kamu ke supermarket, pastinya akan menemukan berbagai jenis kemasan makanan yang beragam termasuk kaleng. Contoh kemasan kaleng untuk makanan ini juga bervariasi. Ada yang tebal dan tipis. Ada yang berwarna kuning dan putih. Ada yang berbentuk tabung dan kubus. Serta berbagai model kaleng yang lain. Contoh kemasan kaleng pada makanan seperti yang sudah dibahas di atas biasanya ditemukan dalam berbagai jenis makanan olahana daging atau ikan yang diawetkan.

Beberapa contoh makanan yang menggunakan kaleng sebagai kemasannya ini misalnya adalah sarden ikan, kornet daging sapi, sosis, dan olahan sejenisnya. Penggunaan kaleng untuk kemasan produk makanan ini dinilai lebih awet dalam menjaga kualitas makanan di dalam kemasan. Alumunium yang menjadi bahan baku pembuatan kaleng memiliki sifat anti karat dan tahan lama. Hal ini akan menjaga isi makanan di dalamnya tidak tumpah dan basi karena bisa ditutup dengan rapat. Tak heran jika banyak makanan awetan yang menggunakan kemasan ini.

Salah satu contoh kemasan kaleng pada makanan lainnya yang cukup unik adalah pada olahan makanan daerah. Beberapa contohnya misalnya adalah rendang dan gudeg. Rendang merupakan olahan makanan khas Padang, sementara Gudeg merupakan makanan khas Jogja. Seringkali, wisatawan yang datang ke sana ingin makanan ini sebagai oleh-oleh, tetapi sulit dibawa karena bisa basi. Maka dengan pengolahan yang benar, akan menghasilkan makanan olahan yang lebih awet dengan menggunakan kemasan dari kaleng ini.

Baca juga: Kemasan Makanan Unik Dan Menarik

Kornet, Olahan Daging yang Dikemas dengan Kaleng

Kornet menjadi salah satu makanan olahan daging yang cukup populer. Kornet biasanya akan diolah dengan cara campuran berbagai bahan makanan lainnya. Biasanya, bahan baku dari kornet adalah daging sapi atau ayam. Contoh kemasan kaleng pada kornet ini biasanya berbentuk kotak atau kubus.

Jika membicarakan kornet, pastinya tidak lengkap jika tidak membahas luncheon. Jenis makanan olahan dari daging ini memiliki kemiripan dengan kornet, yang membedakan keduanya adalah kepadatan dari luncheon. Makanan satu ini lebih padat sehingga mudah untuk dipotong dan tidak gampang hancur. Penggunan bahan makanan ini juga biasanya digunakan untuk campuran berbagai masakan yang lainnya.

Olahan Ikan dalam Kaleng

Bagi kamu pencinta olahan ikan, pastinya tidak asing dengan makanan kaleng satu ini. Jika bertanya tentang contoh kemasan kaleng, tentunya akan langsung tertuju pada sarden. Kemasan kaleng untuk sarden ini memang sudah sangat populer. Selain sarden, ada juga berbagai olahan ikan yang lain seperti makerel dan tuna. Makan ikan kalengan ini pastinya akan lebih praktis karena di dalamnya sudah ada saos berbumbu yang memiliki rasa.

Beberapa rasa yang ada dalam makanan kemasan ini misalnya adalah rasa saos tomat, sambal balado, sambal pedas, dan lain sebagainya. Contoh kemasan kaleng pada sarden ini sudah banyak digunakan dan dijadikan contoh dalam berbagai olahan makanan yang lainnya.

Kemasan Kaleng untuk Kemasan Buah

Salah satu contoh kemasan kaleng yang cukup populer lainnya adalah untuk mengemas buah yang diawetkan. Saat ini, buah bisa diawetkan dengan cara yang mudah. Maka tak heran jika penggunaan kaleng lebih dipilih untuk kemasan buah karena lebih awet dan aman untuk pengemasan makanan ini. Kaleng biasanya kedap udara dan kedap cahaya sehingga membuat buah di dalamnya akan lebih aman dibandingkan dikemas dengan menggunakan kemasan plastik bening.

Olahan buah kalengan ini biasanya digunakan dalam berbagai kebutuhan, misalnya adalah buah untuk hiasan cake, untuk minuman, dan lain sebagainya. Meski sudah bukan berupa buah segar lagi, tetapi buah kalengan ini cocok untuk dinikmati dengan praktis bukan? Beberapa contoh buah yang dikemas dengan cara dikalengi adalah anggur, strawberry, leci, cherry, dan berry. 

Bumbu Dapur dengan Kemasan Kaleng

Salah satu inovasi yang muncul dalam olahan makanan adalh menjadikan serba praktis. Contoh kemasan kaleng satu ini digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Beberapa contoh bahan makanan yang dikemas dengan menggunakan kaleng adalah jagung, kacang polong, kacang hijau, jamur, black beans, dan lain sebagainya. Kemudahan ini pastinya akan membuat kamu lebih nyaman dalam memilih berbagai pilihan bahan makanan dan menyimpannya bukan?

Baca juga: Bahan Kemasan Makanan Plastik

Kemasan Kaleng untuk Makanan Olahan Daerah

Seperti yang sudah dibahas di atas, contoh kemasan kaleng untuk makanan olahan khas daerah ini banyak diminati. Beberapa contoh di antaranya adalah gudeg, rending, opor, hingga gulai. Makanan yang diawetkan ini menggunakan teknologi khusus sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Maka, hal ini bisa lebih mempermudah untuk membawa oleh-oleh bukan?

Contoh Minuman dengan Kemasan Kaleng

cans 1679022 1920
Gambar oleh Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay

Berbagai minuman dengan menggunakan kemasan kaleng pastinya bukan hal yang baru. Kemasan kaleng banyak dipilih untuk menjadi salah satu alternative kemasan minuman karena praktis. Contoh kemasan kaleng pada minuman banyak dijumpai di sekitar kita. Mulai dari minuman bersoda, minuman beralkohol, olahan susu, minuman kopi, olahan minuman jus buah, dan sebagainya. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan bentuk dari kemasan kaleng pada minuman ini.

Selain berbagai minuman ini, beberapa olahan lain seperti kental manis juga banyak yang dikemas dengan menggunakan kaleng. Ketahanan bahan alumunium yang menjadi bahan baku pembuatan kaleng ini menjadi salah satu alasan mengapa kaleng banyak digunakan sebagai kemasan minuman.

Contoh kemasan kaleng pada minuman ini menjadi salah satu bukti bahwa kaleng memiliki daya tahan yang cukup baik. Meski demikian, perlu dilakukan pengecekan dan ketelitian dalam menyimpan berbagai minuman yang dikemas dalam wadah kaleng.

Sebelum memilih produk makanan dan minuman dalam kaleng, pastikan kemasan kaleng bersih dan tidak memiliki noda seperti karat. Penggunaan alumunium foil pada kaleng memang tidak akan berkarat, tetapi bisa saja terkontaminasi dan membuat makanan atau minuman menjadi tidak sehat lagi. Pastikan juga kemasan makanan kaleng ini tidak bocor sehingga tetap menjamin kualitas makanan di dalamnya.

Demikian tadi beberapa contoh kemasan kaleng untuk makanan dan minuman. Berbagai jenis makanan dan minuman ini diolah untuk membuat lebih praktis lagi. Mana yang sering kamu jumpai?

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.