Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Tips & Trik Kemasan Makanan Unik dan Menarik

Tips & Trik Kemasan Makanan Unik Dan Menarik

Kemasan makanan menjadi salah satu daya tarik suatu produk, khususnya dalam hal marketing atau promosi menambah nilai suatu produk. Kemasan makanan unik dan menarik akan membuat para pembeli menjadi lebih tertarik untuk memilih produk makanan tersebut. Pemilihan jenis kemasan yang menarik juga tentunya harus mempertimbangkan fungsi dari kemasan itu sendiri. Sehingga, meskipun memiliki tampilan yang unik dan menarik tetap memiliki fungsi yang baik.

Saat ini kemasan makanan unik dan menarik menjadi salah satu teknik yang banyak dilakukan oleh para produsen makanan agar lebih dilirik lagi. Penggunaan berbagai kemasan yang khas juga akan meningkatkan branding merk atau brand makanan tersebut. Hal ini juga sejalan dengan bagaimana sebuah kemasan menjadi ikon dari sebuah makanan atau brand tertentu. 

Penggunaan kemasan makanan yang unik dan menarik juga sangat ampuh digunakan sebagai alat promosi. Ada berbagai jenis kemasan makanan yang saat ini berkembang. Mulai dari kemasan yang bisa didaur ulang hingga kemasan yang memiliki harga cukup mahal. Meski ada beberapa jensi kemasan makanan yang terlihat mahal, justru ini yang menjadi daya tariknya karena kemasan tersebut dinilai eksklusif. Penting untuk memahami berbagai kebutuhan kemasan makanan yang unik dan menarik agar mampu menjadi daya tarik.

Apa saja tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat kemasan makanan yang unik dan menarik? Yuk simak informasi di bawah ini!

Tips & Trik Kemasan Makanan Unik Dan Menarik

Kemasan yang Kreatif

kemasan kreatif
www.asiabaru.com

Salah satu daya dukung sebuah kemasan menjadi menarik adalah nilai kreatifnya. Kreativitas sebuah desain produk, khususnya desain kemasan makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pemilihan warna dan berbagai ornamen di dalamnya menjadi salah satu pertimbangan yang cukup diperhatikan dalam membuat sebuah kemasan makanan unik dan menarik. 

Selain memilih warna, salah satu nilai kreatif yang perlu diterapkan di dalam kemasan makanan yang menarik dan unik adalah fungsinya yang praktis tetapi unik. Beberapa kemasan memiliki desain yang praktis untuk dibawa, atau juga memiliki fungsi lain. Salah satu contohnya adalah kemasan kentang goreng di restoran makanan siap saji. Kemasannya memiliki desain yang mudah dibawa dan bisa dimodifikasi untuk meletakan saus.

Kemasan Memiliki Warna Ciri Khas

aisle 3105629 1920
Gambar oleh Igor Ovsyannykov dari Pixabay

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kemasan makanan unik dan menarik adalah kemasan dengan pemilihan warna yang khas. Hampir sama dengan poin sebelumnya, pemilihan warna bisa menjadi salah satu faktor kreativitas dalam membuat kemasan yang unik dan menarik. Penggunaan warna khusus sebagai ciri khas juga bisa menjadi salah satu upaya branding dari makanan yang tengah dikembangkan lho.

Ada beberapa jenis kemasan yang menggunakan pemilihan warna lebih cerah dan dominan karena berfungsi untuk menarik minat pembeli. Ada juga yang memilih warna soft dan tidak terlalu mencolok sebagai ciri khas sebuah produk. Dengan demikian, warna memiliki pengaruh yang besar dalam desain kemasan makanan unik dan menarik bukan?

Pemilihan warna yang tepat dan konsisten juga memiliki tujuan untuk brand awareness. Produsen yang tetap konsisten memilih warna yang sama untuk produknya akan lebih membekas di hati para konnsumennya. Konsumen yang sudah terbiasa melihat kemasan dengan warna tertentu pastinya akan langsung mengenali brand tersebut. Misalnya adalah kemasan minuman bersoda yang berwarna hijau. Orang akan langsung paham merk dari minuman tersebut.

Baca juga: Makanan Ringan Yang Lagi Booming

Memiliki Kemasan yang Informatif

Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan dalam pembuatan kemasan makanan unik dan menarik adalah kemasan yang informatif. Sisi informatif ini akan membuat para pembeli tertarik untuk membeli. Informasi yang bisa dicantumkan dalam berbagai kemasan ini misalnya adalah komposisi, kandungan gizi dan nutrisi, logo halal, hingga nomer BPOM. Keberadaan informasi ini menjadi salah satu hal yang penting diketahui oleh konsumen.

Kemasan makanan yang unik dan menarik tidak harus selalu berbentuk aneh-aneh. Dengan memberikan informasi yang baik juga bisa menambah nilai dari kemasan makanan yang digunakan. Cobalah untuk memberikan informasi dengan cara yang menarik agar pembeli juga tidak merasa bosan. Meski ini bukan faktor utama, tetapi memberikan sentuhan di bagian informasi tentunya akan membuat kemasan makananmu makin menarik bukan?

Ukuran Kemasan yang Proporsional

supermarket 4052658 1920
Gambar oleh Squirrel_photos dari Pixabay

Kemasan makanan pastinya harus mempertimbangkan ukuran. Ukuran yang proporsional menjadi salah satu faktor penting dalam membuat kemasan makanan. Dengan menggunakan berbagai kemasan makanan yang unik dan menarik, pastinya tidak akan lupa dengan pemilihan ukuran kemasan suatu makanan bukan?

Jangan gunakan ukuran kemasan makanan yang terlalu besar atau kecil. Hal ini bertujuan agar makanan yang ada di dalamnya tidak rusak dan kemasan yang dipakai efisien. Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran makanan agar pas dan sesuai.

Gunakan Edisi Special Pack

special edition
chipandco.com

Salah satu cara untuk menarik minat pembeli adalah dengan membuat berbagai edisi khusus. Dalam kemasan makanan unik dan menarik, Anda bisa menerapkan konsep special pack agar makananmu memiliki kemasan yang makin menarik. Biasanya berbagai edisi kemasan special pack ini digunakan untuk berbagai momen tertentu. Misalnya adalah momen natal, idul fitri, tahun baru, dan lain sebagainya. Penggunaan kemasan special pack ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan juga lho.

Salah satu kemasan special pack yang populer adalah parcel. Parcel menjadi salah satu bentuk kemasan yang cukup menarik. Biasanya parcel diisi dengan berbagai makanan ringan yang awet. Beberapa inovasi juga mengisi parcel dengan berbagai cake yang cantik lho. Berbagai makanan yang disusun dalam parcel edisi special pack ini pastinya juga akan menambah minat seseorang untuk membeli bukan?

Kemasan makanan unik dan menarik lainnya yang  memiliki kemasan special pack adalah momen ketika valentine. Biasanya banyak orang yang akan berburu cokelat. Berbagai merk cokelat kemudian memberikan desain kemasan menarik dalam rangka special pack. Misalnya adalah memberikan kesan warna merah muda, gambar hati, pita, dan lain sebagainya.

Penyesuaikan Target Pembeli dengan Kemasan Makanan

Kemasan makanan juga bisa menjadi salah satu faktor seseorang untuk membeli. Jika suatu makanan dikemas dengan tampilan yang mewah, maka bisa jadi target pembelinya adalah kalangan atas. Harga atau biaya produksinya memiliki harga yang lebih tinggi. Sehingga perlu melakukan riset pasar terkait calon konsumen yang akan membeli makanan tersebut. Kemasan makanan unik dan menarik kadang juga dibuat dengan tujuan target pasar tertentu. Ada yang menjual kemasan minuman setara dengan harga isi minuman tersebut.

Jika akan menargetkan pasar konsumen menengah ke bawah, jangan gunakan jenis kemasan yang terlalu mewah. Biasanya target pasar ini akan langsung menilai makanan tersebut mahal jika memiliki kemasan yang eksklusif. Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis target pasar yang akan dibidik dengan kemasan ini.

Demikian beberapa tips untuk membuat kemasan makanan unik dan menarik agar membuat produk makin naik nilai jualnya. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.