Connect with us

Hi, what are you looking for?

Random

Mengenali Alat Keselamatan Kerja di Bengkel

Mengenali Alat Keselamatan Kerja Di Bengkel

Alat keselamatan kerja di bengkel menjadi perangkat yang wajib dipenuhi agar terjaminnya keselamatan ketika bekerja. Penggunaan alat keselamatan ini tentu saja bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atau potensi bahaya di tempat kerja. Apa saja alat keselamatan kerja untuk di bengkel?

Mengenali Alat Keselamatan Kerja Di Bengkel

Mengenali Alat Keselamatan Kerja Di Bengkel

Baju Kerja Khusus Bengkel

Baju khusus maintenance memiliki fungsi untuk melindungi badan dari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi selama proses perbaikan suatu kerusakan, misalnya adalah hawa panas dan percikan api. 

Bahan yang disarankan untuk baju kerja ini adalah Cotton, mengingat iklim di Indonesia yang panas. Dengan menggunakan bahan ini, tentunya akan lebih nyaman dipakai.

Contohnya adalah Wearpack. Wearpack sendiri selain didesain sebagai seragam kerja mekanik, juga memperlihatkan peran sebagai mekanikal.

Safety Shoes untuk Perlindungan Kaki

Sepatu keselamatan kerja harus dibuat dari kulit yang bersifat isolator alias anti sengatan listrik. Bagian depan sepatu mengandung baja yang akan melindungi kaki dan jari-jari kaki dari timpaan bahan material seperti besi, baja dan logam.

Banyak jenis merek yang tersedia dengan berbagai ragam dan variasi, contoh Safety Shoes yang bisa dipilih antara lain adalah CHEETAH Safety Shoes, KING’S Safety Shoes Comfort, BATA Bickz hingga Dr. OSHA Safety Shoes.

Kacamata Pelindung

Kacamata Pelindung memiliki fungsi untuk melindungi mata dari bram-bram yang berterbangan, terutama bagi operator bubut. Di bengkel, alat keselamatan kerja ini sangat diperlukan.

Kacamata pelindung yang dipakai harus menutup seluruh bagian mata, namun tidak mengganggu pandangan operator. Dan terakhir harus membuat lobang kecil sebagai aliran hawa ke mata.

Jenis-jenis perlindungan mata yang bisa kamu kenakan antara lain:

  1. Safety Spectacles, bermanfaat untuk melindungi mata dari fragmen terbang seperti benda dan partikel-partikel halus.
  2. Safety Goggles, berguna untuk menyelamatkan mata pengguna dari bahan gas seperti asap, uap, kabut dan cairan. Safety Goggles memberi segel ke seluruh tepi bagian mata.
  3. Face Shields, merupakan jenis perlindungan wajah penuh untuk menghindari terjadinya cipratan kilat api. Ketika dipakai sendiri, wajah perisai tidak terlalu melindungi mata dari bahaya dampak, harus dibarengi juga dengan jenis kacamata di atas.

Baca juga: Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas

Helm Kerja Pengaman Kepala

Alat keselamatan kerja yang penting di bengkel adalah helm kerja. Helm kerja digunakan untuk melindungi bagian kepala dari beberapa kemungkinan bahaya seperti Timpaan bahan material, benturan, Lilitan, kotoran dan bahaya lain pada kepala dan rambut.

Sarung Tangan

Sarung tangan memiliki fungsi untuk perlindungan seluruh bagian hingga ke pergelangan tangan. Sarung tangan untuk para mekanik juga berbeda dengan sarung tangan biasa. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Rubber Gloves, untuk melindungi tangan dari pekerjaan yang berhubungan dengan listrik.
  2. Metal Mesh Gloves, melindungi dari benda berbahan metal dan tajam, juga terhadap ancaman luka pada tangan.
  3. Leather Gloves, Perlindungan tangan terhadap permukaan-permukaan yang kasar.
  4. Sarung tangan anti panas, melindungi tangan dari panas dan percikan api las saat mengelas (Welding).

Pelindung telinga

Di kawasan pabrik terutama industri, umumnya ada kebisingan di mana-mana. Kebisingan semacam ini akan mengganggu konsentrasi saat bekerja yang bisa menyebabkan timbulnya kecelakaan saat bekerja. 

Berikut 2 jenis alat pelindung telinga yang direkomendasikan:

  1. Ear Plug, adalah jenis penutup telinga yang biasanya terbuat dari foam, busa, spons dan Rubber (terbuat dari bahan karet)
  2. Ear Muff, jenis penutup telinga yang lebih besar ketimbang ear plug. Alat ini mirip seperti head set untuk mendengarkan musik. Namun sayangnya tidak bisa dipakai berbarengan dengan helm kerja.

Dengan menggunakan alat keselamatan kerja ketika di bengkel tentu saja akan membantu menurunkan risiko kecelakaan dan cidera. perlengkapan alat kerja dapat mudah di temukan di toko alat safety. Jangan lupa gunakan berbagai alat ini ketika sedang bekerja di bengkel!

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.