Connect with us

Hi, what are you looking for?

Technology

Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas

Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas

HP android menjadi primadona dalam dunia smartphone. Berbagai pilihan dan tipe tersedia dalam beberapa jenis dan gaya. Bagaimana cara memilih HP android murah, HP terbaik 2020 dan berkualitas ? Spesifikasi apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih HP android ini? Yuk simak ulasan berita teknologi telekomunikasi kali ini!

Yang Perlu di Perhatikan Saat Membeli HP

Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas

Kamera

Cara yang perlu diperhatikan dalam memilih HP android murah berkualitas adalah bagian kamera. Fitur ini merupakan salah satu yang paling wajib. Dengan adanya kamera kita dapat mengabadikan moment setiap saat melalui foto maupun video. 

Dalam hal pemilihan kamera tentu ada tips dan panduanya agar nantinya hasil jepretan yang didapatkan bagus dan maksimal sesuai harapan kita. Namun tentunya kita harus tau dulu kebutuhan kita, apakah kita ingin ponsel kamera untuk foto landscape, selfie, fotografi atau yang cocok di malam hari? Setelah tau kebutuhanmu maka anda dapat memilih spesifikasi yang sesuai.

Tips Memilih Kamera HP

Pilih Smartphone dengan Sensor Kamera mumpuni. Ini merupakan yang terpenting, karena sensor merupakan bagian yang sangat vital dalam mengambil gambar. Tentu kita tahu kehebatan kamera Isight buatan apple yang walaupun megapixel-nya kecil namun kualitasnya wah. 

Untuk Android kelas High End biasanya menggunakan sensor sony yang sangat memukau dalam pengambilan gambar. Hasil yang didapat tentu akan memuaskan. Lihat spesifikasi lensanya, sebagai contoh seperti 1/2.5″ sensor size, 1.4 µm pixel size dan Contoh sensor kamera yaitu Seperti Sony IMX 2XX, 3XX dan sebagainya.

Tips selanjutnya yaitu Aperature yang merupakan sebuah bukaan lensa. Semakin lebar bukaan lensa maka hasil foto saat kurang cahaya akan lebih terang dan baik. Contohnya seperti Samsung Galaxy S7 yang merupakan salah satu smartphone dengan kamera terbaik memilih aperatur / bukaan lensa f/1.7. Semakin kecil semakin lebar, f/1.7 tentu lebih baik dari f/1.9 milik Galaxy J5 punya saya.

Stabilization merupakan hal penting lainya, dengan adanya stabilization kita dapat mengambil gambar minim blur walaupun dengan tangan goyang. Jadi ini sangat penting agar gambar terlihat tajam dan mulus. Pilihlah kamera yang memiliki fitur OIS atau EIS.

Megapixel, tentu sudah tidak asing ditelinga kita bukan? Dengan megapixel besar kita dapat mencetak foto yang besar juga. Selain itu, dengan megapixel yang besar kita dapat menghasilkan gambar yang tajam dan tidak blur ketika di zoom. 

Namun jangan berpatokan ke ukuran megapixel yang besar. Contoh kasus kenapa S7 yang 12 MP lebih baik dari S6 yang 16 MP? Tentu itu karena S7 dilengkapi teknologi dual pixel dan sensor yang lebih baik.

Dan yang terakhir yaitu pilihlah kamera dengan fitur sesuai kebutuhan, contohnya jika anda wanita suka selfie pilihlah smartphone dengan kamera depan bagus yang dilengkapi dengan beauty mode dan flash.

Dan jika anda Pro, pilihlah smartphone dengan pengaturan seperti DSLR, contohnya seperti pengaturan ISO, Shutter Speed, Bukaan Lensa, WB, Exposure, Metering, Focus Manual bahkan dukungan RAW.

Dan yang terakhir, perhatikan juga dukungan perekaman video, Sebaiknya pilih smartphone dengan dukungan video record minimal 1080p atau Full HD. Lebih baik jika mendukung resolusi lebih tinggi seperti 4K dengan framerate yang tinggi seperti 60 fps. Perhatikan juga fitur video nya, tentu nilai plus jika memiliki fitur slow motion, time lapse dan sebagainya.

Baca juga: Best Instagram Marketing Strategy Example

Memilih HP Android berdasarkan Kapasitas Baterai

Ada hal yang wajib diperhatikan dalam memilih HP. Cara memilih HP Android berkualitas dan murah tentunya tetap harus mempertimbangkan kapasitas baterai. Dalam pemilihan baterai tentu berimbas pada ukuran smartphone. 

Biasanya jika Android mempunyai baterai besar maka ukuranya fisiknya pun besar. Namun tidak selalu jadi patokan toh banyak juga Android yang memiliki baterai besar namun desain nya tetap slim dan ramping. Tentu pemilihan baterai pun harus sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Baterai

  1. Pilihlah baterai berkapasitas besar, minimal 2500 mAh. Jika anda seorang gamers atau kaum sosialita berat tentu itu tidak akan cukup untuk menunjang aktifitas seharian. Lebih baik lagi jika memilih baterai dengan kapasitas diatas 3000 mAh bahkan lebih baik lagi jika diatas 4000 mAh.
  2. Pilihlah baterai dengan teknologi Lipo karena lebih awet dalam hal kekuatan karena lebih tahan kembung dan drop.
  3. Pilihlah jenis baterai sesuai kebutuhan, apakah anda lebih suka baterai removeable (bisa dicopot) atau non removeable (baterai tanam). Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kelemahanya masing-masing. Jika removeable mudah dalam penggantian dan jika non removeable tentu lebih baik dari sisi design bahkan bisa tahan air jika memiliki setifikasi minimal IP78.
  4. Dan yang terpenting, pilihlah Android dengan fitur fast charging agar pengisian baterai cepat dan tidak banyak membuang waktu. Contoh fitur fast charging yaitu seperti Qualcomm Quick Charge 4.0.
  5. Dan sebagai tambahan, pilihlah Android dengan fitur keren seperti wireless charging. Tentu keren dan berguna bukan jika kita dapat mengisi baterai tanpa kabel, hanya tinggal menaruhnya di pad khusus seperti kebanyakan Smartphone kelas premium sekarang.

Dua hal tersebut menjadi hal yang penting dalam cara memilih HP android yang murah dan berkualitas. Masih banyak spesifikasi lain yang bisa dilihat, misalnya RAM, ROM, Sistem operasi, dan lain sebagainya.

You May Also Like

Politics

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

Finance

Picking stocks with the highest dividend yield was the best strategy last decade, according to Bank of America.

Business

SEO is dynamic, and it’s still evolving. Sure, there are some aspects that remain relatively the same, like keyword optimization and many on-page practices....

Politics

A former high-level employee at Heather Boushey’s think tank publicly aired the accusations on Tuesday night.