Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

6 Wisata Unggulan Labuan Bajo

6 Wisata Unggulan Labuan Bajo

Labuan Bajo saat ini menjadi opsi destinasi wisata ter-hits di Indonesia mengungguli Bali dan Lombok. Sangat wajar rasanya Labuan Bajo begitu disukai oleh sebagian wisatawan domestik dan mancanegara karena tempat ini memiliki atraksi wisata yang tak diragukan lagi keindahannya. Dirangkum dari salah satu blog wisatawan yang pernah liburan di sana, berikut beberapa wisata unggulan Labuan Bajo. 

Rekomendasi Wisata Unggulan Labuan Bajo

Pulau Padar 

Rekomendasi Wisata Unggulan Labuan Bajo
Gambar oleh Cherene Saradar dari Pixabay

Pulau Padar adalah salah satu pulau terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat 3 pulau besar di sini, yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. Pulau Padar sendiri memiliki panorama alam yang sangat mempesona. Keindahan alamnyabisa dibilang antimainstream. Rasanyaa tak salah jika pulau ini disebut sebagai bagian terkecil surga yang ditempatkan di tanah Labuan Bajo. 

Saat Anda berada di salah satu puncak bukit di pulau ini, Anda dapat memandang hamparan laut biru yang membentang luas dan dikelilingi oleh gugusan bukit yang sangat memikat. Tapi Anda harus mempersiapkan kekuatan fisik Anda terlebih dahulu karena Anda harus melewati ratusan anak tangga untuk dapat sampai di puncak bukit. Nah, untuk dapat sampai di Pulau Padar, Anda harus menggunakan speedboat, yacht, atau pinisi dari Labuan Bajo. 

Pulau Komodo

Rekomendasi Wisata Unggulan Labuan Bajo
Gambar oleh Jane Francisca dari Pixabay

Hambar rasanya jika liburan di Labuan Bajo tapi tidak mampir ke Pulau Komodo. Pulau ini adalah habitat asli salah satu hewan purba yang masih eksis hingga sekarang. Spesies Komodo hanya satu-satunya spesies hewan purbakala yang ada di Indonesia. 

Ada sekitar 2.500 ekor Komodo yang hidup bebas di Pulau Komodo. Para wisatawan yang berkunjung di Pulau Komodo ini dapat menyaksikan secara langsung Komodo yang hidup liar di habitatnya. Karena Komodo-Komodo di sini hidup liar, para wisatawan, termasuk Anda nantinya, wajib mematuhi ketentuan yang telah dibuat oleh pengelola wisata dan Taman Nasional Komodo. Ada beberapa ketentuan yang wajib ditaati oleh semua wisatawan demi keselamatan. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Wisata Di Bengkulu

Pulau Rinca

Pulau Rinca
industry.co.id

Wisata unggulan Labuan Bajo berikutny aadalah Pulau Rinca. Pulau ini memiliki ‘lukisan’ alam yang sangat memukau. Lokasinya sendiri berada di sebelah barat Pulau Flores. Lokasinya dengan Pulau Flores ini dipisahkan dengan Selat Molo. 

Pulau Rinca ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo sama seperti Pulau Padar, Pulau Komodo, dan juga Gili Motang. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung di sini adalah trekking jarak pendek dan jarak panjang. 

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi laut dan bukit-bukit yang sangat elok dan tidak dapat dijumpai di tempat lain. Kegiatan seru lainnya yang dapat Anda lakukan di Pulau Rinca ini adalah kegiatan mengadopsi pohon bakau untuk menjaga lingkungan dan ekosistem laut di kawasan perairan di Pulau Rinca ini. 

Bukit Sylvia

Bukit Sylvia
wartaevent.com

Bukit Sylvia ini sangat terkenal dan padang savana-nya yang eksotis. Lokasi bukit yang satu ini tak begitu jauh dari Labuan Bajo, hanya sekitar kurang dari 5 km saja. Atau sekitar 10 menit saja dengan menggunakan kendaraan.

Bukit Sylvia menjadi salah satu spot terfavorit untuk  nikmati sunset di Labuan Bajo. Tepatnya di puncak Bukit Sylvia yang mana jika Anda berada di puncak bukit ini, tak ada bangunan apapun yang menghalangi pemandangan Anda ke titik terbenamnya Matahari. Apalagi di sekeliling bukit terhampar lautan lepas berwarna biru yang perlahan berubah menjadi kilauan keemasan akibat terkena pantulan cahaya matahari yang siap terbenam. 

Pink Beach

Pink Beach
www.sudamalaresorts.com

Nah, Beach Pink juga menjadi salah satu ikon pariwisata sekaligus salah satu pilihan wisata unggulan untuk trip Labuan Bajo. Sesuai dengan namanya, pasir di pantai ini berwarna pink, bukan hitam ataupun putih layaknya pasir pantai pada umumnya. 

Warna pink pada pasir di pantai ini merupakan hewan laut mikroskopis yang telah terurai. Nama hewan mikroskopis yang dimaksud adalah Foraminifera yang memiliki pigmen warna merah koral. Kombinasi warna merah koral dan warna putih pasir pantai menjadikan keseluruhan pasir pada Pink Beach ini terlihat seperti warna pink. Sangat unik, bukan?

Manta point

Manta point
warnakali.com

Manta Point adalah spot terbaik untuk diving di Labuan Bajo. Di sini, Anda dapat melakukan diving di beberapa spot yang menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Nama Manta Point ini sendiri diambil dari habitat ikan Manta yang mana di Manta Point inilah salah satu habitat ikan Manta dengan populasi terbanyak. 

Ikan Manta sendiri merupakan salah satu jenis ikan pari langka di dunia. Ikan Manta ini hanya hidup di perairan Indonesia, salah satunya di Labuan Bajo. 

Di Manta Point ini, divers akan menyaksikan sekawanan ikan Manta yang jaraknya sangat dekat. Divers juga diperbolehkan untuk membelai tubuh ikan Manta, atau memberi makan ikan pari yang panjangnya bisa mencapai 3 meter ini. Berani mencoba? Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, bukan?

You May Also Like

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

Finance

Picking stocks with the highest dividend yield was the best strategy last decade, according to Bank of America.

Politik

A former high-level employee at Heather Boushey’s think tank publicly aired the accusations on Tuesday night.

Bisnis

SEO is dynamic, and it’s still evolving. Sure, there are some aspects that remain relatively the same, like keyword optimization and many on-page practices....