Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Sekilas Sejarah Sepak Bola Sebagai Olahraga Dunia

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu olahraga tim paling populer sepanjang masa. Sepak bola adalah olahraga di mana dua tim yang terdiri dari sebelas pemain inti dan beberapa pemain cadangan bersaing satu sama lain.

Kecuali kiper, semua pemain dilarang menyentuh bola dengan tangan atau lengan mereka selama pertandingan sepak bola. Peraturan menyatakan bahwa tim yang mencetak gol terbanyak menang.

Jika Anda senang bermain sepak bola atau menonton pertandingan sepak bola, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang sejarah sepak bola tersebut.

Berikut kampusbola rangkum sejarah sepak bola internasional, dari zaman dahulu hingga sekarang sebelum sepak bola masuk ke Indonesia.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola

Cina adalah tempat kelahiran sepak bola (Cina). Asal usul sepak bola dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Han pada abad ke-2 dan ke-3 SM. Orang-orang memainkan permainan menggiring bola kulit dan menendangnya ke arah jaring kecil selama waktu itu.

Tsu Chu (Cuju) adalah nama pertandingan sepak bola, yang berlangsung di lapangan terbuka. Sepak bola, selain China, juga masuk ke Jepang, yang dikenal sebagai Kemari.

Hanya saja di Jepang, sepak bola dimainkan dalam upacara dengan membentuk lingkaran dan saling menendang bola dari tanah. Sepak bola juga populer di Yunani kuno, dengan bola yang terdiri dari potongan kulit yang diisi dengan rambut.

Sementara itu, mulai abad ke-16, permainan menendang dan membawa bola menjadi populer di Italia. Permainan sepak bola kontemporer, di sisi lain, dikatakan telah berkembang di Inggris pada abad ke-12 dengan cara yang lebih ‘brutal’.

Sepak bola tidak hanya membutuhkan tendangan, tetapi juga pukulan. Pada tahun 1365 Raja Edward III melarang olahraga ini dipraktikkan karena menghasilkan begitu banyak kekerasan selama pertandingan.

Asosiasi Sepak Bola Didirikan

Kebangkitan sepak bola menjadi terkenal di Inggris telah memicu minat di antara berbagai individu, termasuk mahasiswa di universitas dan sekolah. Selama tahun 1800-an, pelaut, pedagang, dan tentara Inggris memperkenalkan olahraga ini ke banyak wilayah di dunia.

Hingga tahun 1863, ketika Asosiasi Sepak Bola (FA) Inggris dibentuk. Namun, perbedaan pendapat mengenai peraturan sepak bola genggam (rugby) dan sepak bola genggam (sepak bola) muncul sepanjang berdirinya organisasi ini (sepak bola).

Sebuah konferensi diadakan pada tahun 1886 untuk mempertimbangkan hukum sepak bola internasional dan pembentukan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Asosiasi utama sepak bola global, Federation Internationale de Football Association, tidak dibentuk sampai tahun 1904. (FIFA). Banyak pertandingan sepak bola yang mulai dipertandingkan di tahun yang sama, termasuk turnamen sepak bola Piala Dunia.

Klub Sepak Bola Pertama di Dunia

Klub sepak bola telah tumbuh bersama pertumbuhan olahraga sepak bola dari abad ke-15. Sheffield telah diakui oleh FA dan FIFA sebagai klub sepak bola pertama dan tertua di dunia. Klub sepak bola ini diciptakan oleh sekelompok pemain kriket yang menolak bermain sepak bola sesuai aturan.

Klub Sepak Bola Sheffield didirikan pada tahun 1857 oleh pertemuan bulanan anggota Klub Kriket Sheffield di Sheffield, Inggris. Sheffield FC akhirnya memeluk aturan sepakbola FA sejak menjadi anggota asosiasi.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang sejarah sepak bola di dunia sebelum masuk ke Indonesia, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rekomendasi Situs Download Lagu Jepang Dan OST Anime

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.