Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

3 Keuntungan Geosintetik untuk Hasil Proyek Konstruksi terbaik

keuntungan geosintetik
sumber: indiamart.com

Geosintetik, secara harfiah, berasal dari dua kata, yaitu geo dan sintetik. Geo sendiri berarti bumi atau tanah, sedangkan sintetik memiliki arti buatan manusia. Jadi, istilah geosintetik memiliki pengertian produk buatan manusia (sintetik) yang digunakan untuk tanah atau pekerjaan yang ada kaitanya dengan tanah atau bumi. Ada banyak keuntungan geosintetik yang akan kita bahas nanti agar Anda para pembaca jauh lebih banyak mendapatkan informasi seputar topik ini. 

Sebelum kita bahas lebih detail lagi soal keuntungan geosintetik, yuk kita bahas dulu jenis-jenis geosintetik. Secara umum, ada cukup banyak jenis geosintetik, yaitu geotextile, geomats, geocells, geomembrane, geonet, geogrid, GCL, geocomposit, dan geofoam. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Ada juga beberapa jenis geosintetik yang terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Misal, geotextile yang terdiri dari 2 jenis, yaitu geotextile woven dan geotextile nonwoven. 

Fungsi dan Keuntungan Geosintetik

643 big
Sumber gambar: https://abhinaconbanten.wordpress.com/

Seperti yang sudah disebutkan di atas, material geosintetik terdiri dari banyak jenis. Masing-masing jenis mempunyai fungsi yang berbeda. Namun secara umum geosintetik memiliki 5 fungsi utama, termasuk fungsi geotextile, yaitu:

  • Penahan cairan alias containment
  • Perkuatan alias reinforcement
  • Drainase 
  • Filtrasi alias penyaringan
  • Separator alias pemisah

Keuntungan Geosintetik sebagai Separator

Salah satu fungsi utama material geosintetik adalah separator atau pemisah. Jenis produk geosintetik yang sangat efektif sebagai pemisah antara lain geotextile, geofoam, dan geocomposite. Penggunaan ketiga jenis geotextile tersebut kerap dijumpai pada proyek-proyek pembangunan jalan, jalur rel kereta api, dan proyek konstruksi lain yang dibangun di atas tanah yang labil dan berlumpur. 

Keuntungan geosintetik sebagai separator ini jelas dapat menjadi pemisah antara lapisan dasar tanah yang labil dan cenderung bergerak dan lapisan material timbunan (khusus untuk penggunaan geotextile). Berkat pemasangan geotextile, lapisan tanah yang berisi material timbunan akan lebih stabil dan keras. Lapisan tanah semacam ini adalah permukaan yang ideal untuk jalan raya, akses kereta api, dan fungsi konstruksi lainnya.

Keuntungan Geosintetik sebagai Filter (Penyaring)

Fungsi utama lainnya dari material geosintetik adalah sebagai filter alias penyaring. Adapun produk geosintetik yang masuk dalam kategori produk yang unggul sebagai filter antara lain geotextile, drainage cell, dan geocomposite. Lantas, apa keuntungan geosintetik sebagai filter?

Yang jelas, keuntungan geosintetik sebagai filter atau penyaring terlihat jelas pada penggunaan geotextile. Lapisan material geotextile yang dipasang sebagai filter ini mampu menyaring partikel-partikel tanah yang terbawa bersama aliran air.

Keuntungan Geosintetik sebagai Drainase

Produk geosintetik yang berperan sebagai material pendukung drainase adalah geotextile, geonet, geopipe, geocells, drainage cells, dan geocomposite. Kita sebut saja geotextile, jenis geosintetik yang paling terkenal, yang mampu mengendalikan gerakan bulir-bulir tanah yang ikut tebawa oleh aliran air. Keuntungan geosintetik sebagai material utama pada sistem drainage adalah untuk mencegah lapisan tanah ‘tergerus’ dan masuk ke dalam sistem drainase. 

Sistem drainase yang kotor akibat terkena tanah tentu dapat mengganggu bahkan merusak sistem drainase itu sendiri. Dampak terburuknya adalah tanah kembali tidak stabil, terutama pada bagian permukaannya. Lantas, adakah keuntungan geosintetik lainnya selain sebagai penguat sistem drainase? Tentu ada.

Keuntungan Geosintetik sebagai Perkuatan

Ada keuntungan geosintetik lainnya yang juga sangat penting untuk diaplikasikan. Benar sekali! Sebagai material utama untuk perkuatan tanah. Ada beberapa kriteria tanah yang memang wajib mendapatkan dukungan dari cara pemasangan geotextile nonwoven

Pada penggunaan material geotextile, lapisan geotextile pada tanah akan mampu menahan gerak tanah yang labil dan mudah bergeser. Pasca pemasangan geotextile, permukaan lapisan tanah yang semula kurang stabil dan mudah bergeser, akan menjadi stabil karena tertahan oleh lapisan geotextile. Kondisi ini memungkinkan kita untuk mulai mengisi lapisan tanah ini dengan material timbunan agar semakin kuat dan stabil. Adakah keuntungan geosintetik lainnya? masih ada satu lagi.

Keuntungan Geosintetik sebagai Penahan Cairan

Dan keuntungan geosintetik yang terakhir adalah dapat berperan sebagai penahan cairan. Ada 3 jenis produk geosintetik yang sangat efektif sebagai penahan cairan atau containment, yaitu geocomposite, GCL, dan geomembrane.

Misal pada kolam limbah. Dengan pemberian lapisan salah satu dari tiga produk geosintetik di atas, cairan limbah dapat kita tampung dengan baik tanpa cemas akan ada pencemaran lingkungan akibat kebocoran kolam limbah. 

Adakah keuntungan geosintetik lainnya, misal dari segi harga dan keawetan dari produk geosintetik? Tentu saja ada beberapa. Pertama, sebagian besar produk geosintetik terbuat dari bahan polymer. Produk ini tidak akan mudah rusak, apalagi oleh aktivitas mikroba. 

Keuntungan geosintetik berikutnya adalah harga produknya yang relatif bila dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk proyek perkuatan tanah konvensional. Sekedar tambahan informasi bahwa metode perkuatan tanah konvensional umumnya berupa pemasangan beton bertulang. 

Dan keuntungan geosintetik yang terakhir adalah bahwa semua jenis produk geosintetik telah sesuai dengan standard ASTM, GSI, dan ISO.

Baca Juga: 5 Fungsi Geosintetik untuk Berbagai Proyek Konstruksi

Keuntungan Geosintetik dari Segi Kelebihan

Jika kita berbicara soal kelebihan dari penggunaan geosintetik, pada artikel akan kita bahas sedikit tentang keuntungan dari penggunaan geosintetik terutama jenis geogrid. Apa saja keuntungan geosintetik yang satu ini? Berikut list-nya. 

  • Memiliki spesifikasi teknis geotextile kuat tarik yang sangat tinggi
  • Aplikasinya relatif mudah 
  • Pemasangan juga relatif cepat
  • Memungkinkan untuk menggunakan material yang sudah ada di tempat
  • Hasil pemasangan lebih tegak dan tinggi
  • Dapat dipasangkan dengan PVC sebagai protektor dari sinar ultraviolet
  • Biaya pemasangan geogrid murah
  • Harga geogrid relatif murah bila kita bandingkan dengan harga beton
  • Geogrid adalah jenis geosintetik dengan struktur yang fleksibel, jadi sangat tahan terhadap gempa 
  • Risiko kerusakan relatif kecil jika terjadi deformasi struktur pada geogrid

Dalam aplikasinya, keuntungan geosintetik, terutama pada jenis geogrid, memang ada cukup banyak. Akan tetapi, geogrid juga memiliki kekurangan. Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa penggunaan geogrid sangat identik dengan penggunaan PVC. Keduanya harus saling melengkapi. Tanpa adanya PVC, fungsi geogrid berisiko akan mengalami penurunan, terutama pada fungsi kuat tariknya. 

Kelemahan lainnya adalah bahwa geogrid sangat peka terhadap kenaikan dan penurunan temperatur udara yang ekstrim. Pemuaian akan mudah terjadi ketika geogrid terkena temperatur yang tinggi. Tentu saja proses pemuaian ini akan mengubah geogrid ini getas. Spesifikasi kuat tariknya pun akan berkurang. 

Demikian informasi singkat tapi bermanfaat seputar keuntungan geosintetik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda, terutama Anda yang benar-benar kurang familiar dengan bahan geosintetik, fungsi, dan keuntungannya. 

Meski informasi yang kita bahas ini tidak terlalu detail, semoga konten ini dapat menjadi referensi baru bagi Anda, para pembaca, yang saat ini sedang membutuhkan informasi baru seputar keuntungan geosintetik. Semoga artikel ini juga dapat menjadi referensi agar Anda nantinya dapat membeli bahan geosintetik yang tepat untuk proyek konstruksi Anda. 

Baca Juga: 6 Jenis Geosintetik Terbaik Untuk Proyek Konstruksi

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.