Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Geotextile Woven: Definisi, Fungsi, dan 8 Teknik Pemasanganya

Geotextile Woven
bukalapak.com

Geotextile tentu tak asing di telinga Anda yang bekerja di proyek konstruksi bangunan dan proyek besar lainnya. Salah satu jenis material geosintetik adalah material utama untuk proyek perkuatan tanah. Geotextile sendiri terbuat dari bahan polimer, tepatnya polyester. Bahan polyester ini mempunyai peranan yang sangat penting di bidang industri dan bidang geoteknik. Kemudian saat kita membahas geotextile, kita juga kerap mendengar istilah geotextile woven dan woven.  Dua istilah ini tak lain adalah jenis dari geotextile itu sendiri. 

Jenis Geotextile: Geotextile Woven, Non-Woven, dan Knitted

Geotextile Woven
Sumber gambar:https://www.bttg.co.uk/

Mungkin bagi kita yang sangat awam dengan hal-hal yang berkaitan dengan bidang geoteknik akan mengira bahwa jenis geotextile hanya geotextile non-woven. Padahal faktanya ada tiga jenis, yaitu geotextile woven, geotextile non-woven, dan geotextile knitted. Masing-masing jenis geosintetik ini mempunyai kriteria dan fungsi geosintetik yang berbeda. 

Geotextile Woven

Material geotextile ini, sesuai dengan namanya, merupakan jenis geotextile anyaman di mana serat-serat pembentuknya berupa serat-serat yang dianyam. Bahan dasar untuk pembuatan geotextile jenis ini tak lain adalah PP (Polypropylene). Sekilas, geotextile woven ini sangat mirip dengan karung beras plastik yang berwarna hitam.

Secara umum, fungsi geotextile woven ini adalah sebagai material stabilisasi lapisan tanah dasar, khususnya pada tanah dengan kontur lunak dan kurang stabil. Produk geotextile terkini mempunyai tambahan terbaru berupa lapisan pelindung anti-ultraviolet.

Jenis geosintetik yang berupa lembaran ini memiliki spesifikasi teknis yang lebih baik, terutama tensile strength, bila dibandingkan dengan dua jenis geotextile lainnya. Selain teruji memiliki tensile strength yang lebih baik, woven geotextile juga telah lolos uji standar di laboratorium. Adapun detail spesifikasi teknis geotextile yang telah sesuai dengan standard ASTM adalah sebagai berikut:

  • Kekuatan tarik
  • Kekuatan anti-tusuk
  • Kekuatan anti-sobek
  • Tingkat kemuluran 
  • Kekuatan terhadap aktivitas mikroorganisme 
  • Dan elongasi tinggi

Fungsi Geotextile Woven

Ada beberapa fungsi bahan geotextile dalam berbagai jenis pengerjaan proyek. Mulai dari fungsi anti-gelincir pada tanah, pemisah, perkuatan tanah, dan stabilisasi tanah.

Pencegah Penurunan Lapisan Tanah

Pada dasarnya, fungsi geotextile woven sebagai material penahan lapisan dasar tanah agar tidak mengalami penurunan akibat tekstur tanah dasar yang labil dan lunak. Material geotextile jenis ini memang menjadi pilihan terbaik untuk menciptakan membrane effect karena mempunyai tensil strength yang tinggi. 

Perkuatan Tanah

Fungsi geotextile woven yang lainnya sebagai bahan utama untuk perkuatan tanah. Para ahli geoteknik merekomendasikan untuk menggunakan material ini sebagai material geosintetik untuk  perkuatan tanah.

Pada area dengan tanah dasar yang lunak dan kurang stabil, material geotextile woven biasanya akan menjadi opsi terbaik untuk melapisi bagian dasar tanah yang lunak tersebut. Lapisan geotextile woven ini nantinya berperan sebagai pemisah sekaligus penguat antara lapisan tanah dasar dengan lapisan material timbunan yang berada di atasnya.

Penyalur Bobot Material Timbunan

Lapisan geotextile woven yang telah terpasang ini mampu menyalurkan bobot material timbunan yang ada di atasnya dengan sangat merata. Dampak baiknya, lapisan tanah teratas alias lapisan tanah yang sudah bercampur dengan material timbunan tidak akan mudah mengalami penurunan, bergerak, ambruk, dan lunak. 

Sebaliknya, lapisan tanah pada permukaan akan stabil, kokoh, dan dapat menopang beban seberat apapun berkat lapisan geotextile jenis woven yang ada di dalamnya. Hebatnya lagi, permukaan tanah yang telah terpasang dengan lembaran geotextile ini akan tetap kokoh dan stabil meski menahan bobot alat-alat berat yang bekerja di atasnya. 

Pemisah atau Separator

Aplikasi bahan geotextile woven yang paling umum adalah sebagai pemisah atau separator antara lapisan tanah dasar yang lunak dan lapisan material timbunan. Kadang, material geotextile ini juga berperan sebagai filter di mana partikel air dapat tembus dengan mudah namun tidak dengan partikel tanah. Efeknya, tanah tidak akan bercampur dengan tanah lunak yang ada di bawahnya. Jika ada banyak partikel tanah yang lolos dan bercampur dengan tanah lunak, struktur perkuatan tanah akan runtuh. 

Metode Pemasangan Geotextile Woven

Nah, berbicara soal metode pemasangan geotextile woven, ada cukup banyak caranya. Metode pemasangan ini tentunya harus sesuai dengan kondisi tanah dan juga tujuan utama pemasangan material geosintetik ini. Berikut metodenya:

  • Pemasangan di antara lapisan tanah lunak dan lapisan material timbunan
  • Pemasangan di antara lapisan tanah dasar yang lunak dan lapisan material timbunan dengan lipatan sederhana di kedua ujung lembaran geotextile jenis woven
  • Pemasangan material geotextile secara berlapis-lapis 
  • Pemasangan geotextile untuk proyek vertical drainage
  • Aplikasi geotextile secara merata namun kosong di bagian tengah
  • Material geotextile sebagai penutup plat tiang bawah tanah
  • Pada kedua ujung material geotextile dikunci untuk mencegah penggelinciran
  • Pemasangan bahan geotextile woven di bagian bawah berm sebagai dasar yang kuat dan stabil bagi material timbunan. 

Baca Juga: 4 Cara Pemasangan Geotextile Nonwoven

Selain Fungsi Geotextile Woven, Ini Keunggulan dan Aplikasinya

Setelah mengetahui beberapa fungsi geotextile woven, Anda pasti penasaran apa saja keunggulan atau keuntungan geosintetik yang memiliki spesifikasi teknis kuat tarik yang sangat tinggi ini, bukan? 

Keunggulan Geotextile Woven

Dibandingkan dengan material geotextile nonwoven, geotextile woven ini mempunyai lebih banyak keunggulan. Keunggulan yang pertama adalah material geotextile ini tidak mudah sobek pada saat proses pemasangan. Mengapa? Karena material geotextile ini memiliki anyaman serat yang sangat kuat (berkat anyaman double twist-nya). 

Keunggulan geotextile woven yang kedua adalah material ini sangat tahan terhadap paparan sinar UV. Pada bahan geosintetik ini, terdapat lapisan khusus yang mengandung karbon hitam yang berperan sebagai anti UV. Berkat adanya lapisan anti UV ini, material geotextile ini pun lebih awet meski terpapar sinar matahari secara terus-menerus. 

Baca Juga: 4 Fungsi Geotextile Paling Efektif Dan Jenisnya

Keunggulan material geotextile yang ketiga adalah bahan geosintetik ini mempunyai kualitas kuat tarik yang super-tinggi sehingga sangat recommended untuk proyek perkuatan tanah. Tak heran jika jenis geotextile yang satu ini menjadi material terfavorit untuk berbagai proyek perkuatan tanah. 

Ada 3 jenis tanah dasar yang sebaiknya mendapatkan dukungan dari material geotextile woven ini. Ketiga jenis tanah dasar yang dimaksud adalah tanah lempung, tanah gambut, dan tanah super-kering. 

Keunggulan geotextile jenis woven yang keempat adalah elongasinya yang rendah sehingga mudah ketika kita melakukan pemasangan. 

Contoh Aplikasi Geotextile Woven

Ada cukup banyak contoh aplikasi material geotextile yang bisa kita temui dalam keseharian kita. Sebut saja pada proyek konservasi air, proyek perlindungan bendungan, proyek pembuatan jalan raya, proyek untuk perlindungan lereng bukit. 

Ada juga proyek perkuatan pada jalur kereta api, perkuatan pada bagian tepi sungai dan sistem irigasi, dan contoh aplikasi geotextile woven yang terakhir adalah proyek pencegahan rembesan pada waduk atau danau buatan lainnya. 

Demikian informasi singkat tentang geotextile woven, khususnya tentang definisi, fungsi, spesifikasi teknis, keunggulan, dan contoh aplikasinya. Meski cukup singkat, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. 

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.