Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Geosintetik Adalah: Definisi Geosintetik Secara Harfiah dan Jenisnya

geosintetik adalah
geosyinmfg.com

Definisi geosintetik – Geosintetik adalah segala jenis produk material buatan yang umumnya berupa lembaran-lembaran yang berbahan polimer dengan sifat lenturnya. Aplikasi material ini biasa menjadi material pendukung pada lapisan tanah, batuan, atau bahkan jenis material geoteknik lainnya. Penggunaan material geotesintis,  misal geotextile, tentu tak bisa lepas dari berbagai pengerjaan proyek yang berkaitan dengan struktur. 

Definisi geosintetik (geosintetik adalah), jika dilihat dari penamaan, berasal dari dua kata, yaitu geo dan sintetik. Geo memiliki arti ‘tanah’, sedang sintetik memiliki arti ‘suatu bahan buatan manusia’. 

Dengan demikian, secara harfiah, geosintetik adalah suatu bahan buatan manusia yang berguna untuk mengoptimalkan perkuatan pada lapisan tanah. Sebenarnya penggunaan material geosintetik tak hanya terbatas pada fungsi perkuatan tanah saja, melainkan masih ada  beberapa fungsi lainnya. 

Adapun fungsi material geosintetik antara lain fungsi separasi, stabilisasi, lapis kedap, filtrasi, drainase, proteksi, pembungkus, penahan erosi, dan material perkuatan untuk lapisan aspal. Masing-masing fungsi ini bermanfaat untuk pengerjaan proyek yang berbeda-beda. 

Jenis Geosintetik 

Setelah paham dengan definisi geosintetik (geosintetik adalah), bahasan selanjutnya adalah jenis geosintetik. Sebenarnya ada cukup banyak jenis geosintetik. Namun, hanya beberapa saja yang terkenal karena sering digunakan untuk proyek-proyek pengerjaan jalan raya, jembatan, reklamasi pantai, dan lain sebagainya. Berikut akan kami jabarkan beberapa jenis geosintetik, mulai dari yang paling umum hingga geosintetik tertentu. 

Geotextile, Salah Satu Jenis Geosintetik Paling Terkenal

Geosintetik Adalah
Sumber gambar: https://www.easymerchant.co.uk/geotextiles/black-woven-custom-size/

Sekilas mirip namun sebenarnya cukup berbeda. Geosintetik adalah segala jenis produk polymer buatan manusia. Dan geotextile hanya salah satu contoh dari produk geosintetis ini. Geotextile sendiri adalah material geosintetik permeabel yang hanya berupa bahan tekstil saja. Sama seperti jenis geosintetik lainnya, geotextile memiliki banyak fungsi dan contoh aplikasi untuk berbagai proyek. Adapun beberapa fungsi geotextile antara lain: drainase, filtrasi, perkuatan, pemisahan, dan proteksi. Fungsi-fungsi ini telah sesuai dengan ketentuan ASTM. 

Jenis Geotextile ada 3, yaitu geotextile woven, nonwoven, dan knitted. Geotextile jenis woven terbagi lagi menjadi 2 pilihan, yaitu PET woven dan PP woven. Semua jenis geotextile ini memiliki fungsi dan spesifikasi teknis geotextile yang berbeda-beda, mulai dari gramasi hingga elongasi. 

Geogrid, Jenis Geosintetik untuk Perkuatan

Geosintetik Adalah
Sumber gambar: https://jualgeogridjakarta.wordpress.com/

Ada juga jenis geosintetik lainnya, yaitu geogrid, yang terbuat dari material-material geosintetik. Geogrid ini sendiri memiliki ciri jaringanya yang teratur dengan elemen-elemennya yang terlihat saling terhubung. Pori-pori pada salah satu jenis material geosintetik adalah lebih besar ukurannya, tepatnya 6.35 mm. Produk geosintetik ini mempunyai dua varian, yaitu geogrid uniaxial dan geogrid biaxial. 

Geonet, Bahan Geosintetik untuk Drainase Gas atau Cairan

5f080beb2b4f7 1
Sumber gambar: https://www.trgeox.com/

Material geosintetik adalah produk geosintetik yang berupa jaring-jaring yang saling terhubung di atas sebuah set di semua sudut. Aplikasi salah satu jenis geosintetik ini adalah untuk berbagi jenis plan drainase, baik drainase gas maupun drainase cairan. 

Geocell, Jenis Geosintetik yang Menyerupai Harmonika

geocell.app 600x600 1

Geosintetik adalah jenis material geosintetik yang memiliki sebuah panel 3 dimensi. Material ini sangat fleksibel dan ringan; dapat direntangkan seperti harmonika. Bahan utama geocell ini adalah HDPE alias High-Density Polyethylene dalam bentuk strip. Strip ini diikat dengan teknik pengikatan ultrasonik. Alhasil, konfigurasi jenis geosintetik ini sangat kuat. Ada dua varian geocell, yaitu textured dan smooth geocell. Kategorisasi ini berdasarkan pada kondisi permukaan material geosintetik ini. Jenis geosintetik ini adalah material geosintetik yang berbahan polymer. 

Geomats, Goesintetik untuk Lapisan Dasar Drainase 

images 2
Sumber gambar: http://www.iricen.gov.in/

Ada juga jenis geosintetik lainnya, adalah geomats yang dari namanya saja kita bisa menebak bahwa sekilas tampilannya menyerupai tikar. Geomats ini mempunyai struktur terbuka. Terbuat dari filamen, jenis geosintetik ini memiliki tekstur yang kasar dan terlihat berliku-liku jika diamati dengan seksama. Sepintas sangat mirip dengan geotextile nonwoven. Hanya saja permukaan pada geomats ini jauh lebih kasar. 

Geospacers, Geosintetik untuk Core Drainase

core bk 6
Sumber gambar: https://elydan.eu/

Geospacers geosintetik adalah jenis geosintetik yang berupa pelat bertekstur gelombang dan kusut. Pada bagian pinggir material geosintetik ini terdapat lubang. Aplikasi paling umum untuk material ini adalah untuk proyek core drainase. 

Geosintetik Clay Liners dan Geomembrane

gcl 1
Sumber gambar: https://www.geotextilewoven.com/

Jenis geosintetik yang satu ini terbuat dari bahan yang unik, yaitu tanah liat alias bentonite yang diikatkan pada bahan geosintetik. Sedang geomembrane terdiri dari lembaran bahan geosintetik yang tidak dapat ditembus oleh air atau jenis cairan apapun. Bahan utama dari jenis geosintetik-geomembrane ini adalah lembaran-lembaran bahan sintetis. 

Aplikasi Goesintetik pada Berbagai Tipe Tanah

Aplikasi geosintetik di sini adalah penggunaan material geosintetik pada berbagai tipe tanah. Dalam bidang geoteknik, ada beberapa tipe tanah yang masuk dalam kategori permasalahan tanah, yaitu tanah lempung yang lunak, tanah gambut, dan tanah ekspansif. Nah, aplikasi atau fungsi geosintetik di sini bertujuan untuk perbaikan tanah. 

Aplikasi Geosintetik pada Tanah Lempung

Bahan geosintetik yang paling recommended untuk tipe tanah lempung adalah geotextile nonwoven. Jenis geotextile yang satu ini berperan sebagai lapisan pemisah antara lapisan dasar yang berupa tanah lempung dan lapisan perkerasan. 

Fungsi dan keuntungan geosintetik ini adalah sebagai pemisah agar material timbunan (material untuk lapisan perkerasan) tidak bercampur dengan lapisan dasar tanah lempung). Selain nonwoven geotextile, upaya perbaikan tanah ini juga bisa kita lakukan dengan menggunakan jenis geotextile lain, yaitu geotextile woven. 

Jenis geotextile yang satu ini mempunyai peran sebagai stabilisator yang mana lapisan geotexile ini mampu menambah daya dukung tanah. Salah satu produk geosintetik adalah produk geosintetik dengan spesifikasi teknis kuat tarik yang sangat tinggi sehingga daya dukung terhadap tanahnya juga relatif besar. Namun dengan syarat cara pemasangan geotextile nonwoven dan woven ini dilakukan dengan benar.

Baca juga: Geotextile Woven: Definisi, Fungsi, Dan 8 Teknik Pemasanganya

Aplikasi Geosintetik pada Tipe Tanah Gambut

Sebelum kita bahas lebih detail lagi soal aplikasi bahan geosintetik pada tipe tanah gambut, kita cari tahu dulu pengertian tanah gambut. Dalam bidang geoteknik, tanah gambut adalah tipe tanah yang mempunyai kandungan bahan organik yang sangat besar. Alhasil, kandungan bahan organik yang terlalu tinggi ini kemudian berpengaruh pada sifat rekayasa tanah (berserat dan tak berserat atau lempung organik). 

Adapun perbaikan tanah dengan menggunakan bahan geosintetik adalah dengan mengkombinasikan beberapa produk geosintetik seperti geotextile woven, geotextile nonwoven,geocomposite, geogrid, dan geocell.

Aplikasi Geosintetik pada Tipe Tanah Ekspansif

Nah, untuk jenis permasalahan tanah yang satu ini, penanganannya memang cukup kompleks. Kita menyebutnya aplikasi sistem moisture barrier vertikal dan horizontal. Material-material geosintetik yang kita gunakan adalah GCL, geomembrane, dan komposit geomembrane PVC knitted. Tujuannya adalah untuk mencegah penguapan air pada permukaan tanah. 

Demikian informasi singkat mengenai definisi geosintetik (geosintetik adalah) dan juga jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang memerlukan referensi tentang bahan geosintetik dan jenis-jenisnya. 

Silahkan Anda bisa tulis komentar Anda di kolom komentar apabila Anda ingin menambahkan informasi lainnya, misal tak hanya seputar ‘geosintetik adalah’ saja, melainkan juga fungsi-fungsinya. 

Baca juga: 4 Fungsi Geotextile Paling Efektif Dan Jenisnya

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.