Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

5 Fungsi Geosintetik Untuk Berbagai Proyek Konstruksi

fungsi geosintetik
indiamart.com

Bagi Anda yang bekerja di bidang geoteknik, pasti tidak asing dengan material konstruksi yang satu ini. Geosintetik ini adalah salah satu jenis material sentral yang memiliki peranan yang sangat penting di berbagai proyek konstruksi besar. Para ahli teknik sipil sepakat bahwa geosintetik ini terbagi menjadi 2 varian dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Apa saja kira-kira fungsi geosintetik dan apa saja jenisnya? Kita akan bahas sesaat lagi. 

Jenis dan Fungsi Geosintetik

Secara umum, terdapat banyak jenis geosintetik, namun ada dua material geosintetik yang paling terkenal, yaitu geotextile. Ada dua jenis geotextile, yaitu geotextile woven dan geotextile nonwoven. Keduanya terbuat dari bahan yang kurang lebih sama. Hanya saja teknik pembuatannya yang berbeda. Keduanya juga memiliki tampilan fisik yang sama, yaitu berupa lembaran. Meski dari segi fisik dan bahan pembuatnya sama, fungsi dan keuntungan geosintetik woven dan nonwoven sedikit berbeda. 

Penggunaan material geosintetik ini semakin marak. Apalagi harganya yang relatif murah dan kualitas produknya yang tahan lama menjadikan material utama perkuatan tanah ini menjadi alternatif terbaik untuk berbagai jenis proyek konstruksi. Mengetahui fungsi geosintetik yang signifikan ini, sebagian besar ahli bidang geoteknik berpendapat bahwa penggunaan material geotextile ini akan semakin marak untuk beberapa tahun ke depan. 

Bahkan ada yang mengatakan bahwa fungsi geosintetik ini dapat menggeser fungsi logam, khususnya besi, untuk keperluan pembangunan jembatan, bagunan besar, fondasi hunian, bendungan, dan masih banyak jenis konstruksi lainnya. 

Terram T1000 geotextile roll 3
Sumber gambar: https://www.ultimate-one.co.uk/

Fungsi Geosintetik 

Berikut 5 fungsi geosintetik secara umum. Karena memiliki fungsi yang beragam, banyak ahli geoteknik yang merekomendasikan material perkuatan ini untuk beberapa keperluan. Informasi detailnya bisa Anda simak di bawah ini.

Separator

Fungsi geosintetis sebagai separator ini menjadi material utama yang memisahkan lapisan-lapisan tanah yang memiliki perbedaan granulasi. Material geosintetis ini juga mampu menjadi material pemisah dua jenis material yang berbeda. Tujuannya agar lapisan tersebut tidak bercampur dan sirkulasi air tetap lancar. 

Fungsi geosintetik ini mudah sekali dijumpai. Misalnya saja di proyek timbunan, pembuatan jalan raya, pembangunan jalur kereta api, dan reklamasi pantai. Terra Felt, Georaffore, dan Compo Felt adalah beberapa merk geosintetik yang mempunyai fungsi sebagai separator.

Stabilisator

Nah, untuk fungsi geosintetik yang satu ini mampu meratakan beban pada tanah yang bertekstur lunak dan labil. Pasca pemasangan material geotextile, tanah yang semula lunak dan labil akan berubah menjadi lapisan tanah yang stabil. Efeknya, lapisan tanah ini mampu menopang konstruksi dengan baik.

Sama seperti fungsi geosintetik separator, kita akan mudah menjumpai penggunaan material geotextile ini pada proyek pembangunan jalur rel kereta api, pembuatan jalan raya, timbunan, dan reklamasi pantai. 

Perkuatan

Sesuai dengan namanya, fungsi geosintetik perkuatan ini mempunyai peranan sebagai material pengikat konstruksi pada dinding penahan lapisan tanah. Contoh umum untuk fungsi geotextile ini adalah perkuatan pada bahu lereng dan bahu-bahu jalan raya. Ada banyak sekali tempat di Indonesia yang struktur tanahnya kurang kuat dan berisiko menyebabkan longsor dan erosi. 

Kita sering menjumpai aplikasi fungsi geosintetik perkuatan ini pada proyek-proyek pembangunan jalan yang kebetulan harus memotong tanah atau tebing. Dengan dukungan material geosintetik ini tentu jalan raya yang baru dibuat akan aman dari risiko longsor atau erosi. 

Aplikasi material geosintetik untuk tujuan perkuatan antara lain: perkuatan pada lereng dengan menggunakan Gabion ataupun Geobag. Ada juga aplikasi untuk dinding bok modular. Adapun beberapa rekomendasi merk geosintetik untuk tujuan perkuatan antara lain Stabilenka, Compo Felt, Georaffore, PP BX Terra Grit, PET BX Terra Grid, dan UX Terra Grid. 

Filtrasi

Fungsi geosintetik filtrasi berperan untuk mencegah masuknya partikel-partikel tanah atau lumpur yang kerap masuk secara bersamaan dengan aliran air. Kita bisa menganalogikan material geosintetik ini sebagai karung yang lebar. Lalu, karung ini kita isi dengan pasir, tanah, atau lumpur. Karung-karung ini kemudian kita letakan di dinding pembatas pantai-daratan dengan tujuan untuk meminimalisir risiko abrasi. 

Beberapa macam aplikasi fungsi geosintetik filtrasi yang sangat umum kita jumpai antara lain proyek pemasangan pipa drainase, groin, proyek reklamasi, revetment, pengerukan, dan breakwater. Sedang untuk rekomendasi merk material geosintetik yang boleh kita coba aplikasikan yaitu Silt Curtain dan Terra Felt. 

Kedap

Berbeda dengan fungsi geosintetik filtrasi, fungsi lapis kedap ini sama sekali tidak meloloskan partikel apapun, termasuk partikel air. Dengan kata lain, cairan tidak akan bisa merembes ke lapisan tanah. Tujuannya diaplikasikannya material geosintetik ini adalah agar lapisan tanah aman dari kontaminasi. Contoh penggunaan material geosintetik dengan fungsi geosintetik lapis kedap adalah untuk proyek pembuatan kolam limbah dan kolam non-limbah. 

Selain 5 fungsi geosintetik di atas, masih ada beberapa fungsi dari geosintetik lainnya yang bisa diaplikasikan dalam beberapa proyek atau konstruksi. Salah satunya adalah fungsi geosintetik sebagai komponen untuk perbaikan tanah. 

Baca juga: 4 Cara Pemasangan Geotextile Nonwoven Dengan Teknik Terbaik

Perbaikan Tanah

Fungsi geosintetik untuk perbaikan tanah tergolong fungsi yang sangat umum; apalagi untuk kondisi tanah yang kurang kuat dan mudah bergeser. Biasanya kriteria tanah yang semacam ini adalah tanah dengan dominasi material lumpur. 

Pelindung

Ada beberapa jenis produk geosintetik yang dapat kita manfaatkan sebagai pelindung. Sebut saja material geotextile yang kita biasa kita manfaatkan sebagai bahan utama untuk melindungi kolam limbah, bangunan terowongan, dan konstruksi lainnya yang sering kontak dengan air. Fungsi geosintetik pada konstruksi ini adalah sebagai pelindung bagian konstruksi. 

Dalam hal ini, fungsi geosintetik sebagai perlindungan sering diidentifikasikan sebagai bagian dari upaya pencegahan kerusakan pada elemen material yang dipasang pada proyek tersebut. Selain geotextile, terdapat jenis geosintetik lainnya yang mempunyai fungsi geosintetik sebagai protektor adalah geomembrane.

Jenis geomembrane yang memiliki fungsi geosintetik sebagai protektor adalah bahan geomebrane non-woven yang tebal dan berlapiskan GCL. Lapisan GCL ini menjadi lapisan perlindungan. Efektivitasnya telah mengalami prosedur uji laboratorium. 

Bahan geosintetik yang memiliki fungsi protektor ini biasanya telah memenuhi kriteria uji efisiensi protektor. Ada beberapa spesifikasi teknis geotextile yang masuk dalam uji efisiensi perlindungan, yaitu:

  • Tahan uji terhadap tusukan
  • Tahan terhadap kerusakan saat proses instalasi
  • Tahan terhadap bahan-bahan kimia 
  • Resisten terhadap proses pelapukan, terutama saat terkena sinar UV pada saat .instalasi

Fungsi geosintetik sebagai perlindungan lainnya bisa kita  jumpai pada saat pemasangan aspal yang melibatkan geotextile. Jenis geotextile pada jenis proyek ini adalah geotextile nonwoven. Material geosintetik ini kita di antara lapisan perkerasan. Tujuan pemasangannya adalah untuk menghilangkan tekstur yang kurang baik pada lapisan aspal lama.Dengan penambahan lapisan ini, kita secara otomatis telah mencegah kerusakan akibat retak refleksi pada lapisan aspal.

Demikian artikel singkat tentang fungsi geosintetis pada proyek konstruksi besar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pembaca, khususnya Anda yang saat ini sedang membutuhkan referemsi baru tentang geosintetik.

Baca juga: Geosintetik Adalah: Definisi Geosintetik Secara Harfiah Dan Jenisnya

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.