Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke?

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke

Penyakit stroke dan jantung menduduki posisi pertama sebagai penyakit paling banyak menelan korban jiwa, dan stroke merupakan salah satu penyakit umum di Indonesia. Begitu banyak penderitanya. Terlebih lagi jika tidak memperoleh pertolongan medis akan membahayakan nyawa. Dibalik bahaya penyakit stroke ternyata ada buah-buahan yang dijadikan obat stroke alami. Pasti Anda penasaran buah apa yang bisa menyembuhkan penyakit stroke? 

Mengonsumsi buah-buahan dibawah ini sangat dianjurkan. Apabila sudah sembuh dari penyakit stroke, sebaiknya menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Pola hidup tidak sehat berpotensi menimbulkan penyakit komplikasi dengan serangan stroke.

Selain mengonsumsi buah, pasien juga wajib meminum obat secara rutin dan sesuai dosis dokter. Biasanya konsumsi obat dibutuhkan oleh pasien penderita stroke iskemik dan stroke ringan.

Buah-buahan Penyembuh Penyakit Stroke

Selama seseorang mengalami stroke ada beberapa pantangan makanan yang dilarang konsumsi. Disamping itu, pola makan juga diatur oleh dokter guna menjaga nutrisi yang diserap tubuh.

Buah-buahan menjadi rekomendasi obat alami terbaik dan tidak menimbulkan efek samping. Namun, hanya buah-buahan tertentu seperti penjelasan dibawah ini. Adapun buah-buahan yang wajib dihindari adalah salak, duku, cempedak, dan durian. Simak uraian lengkap berikut ini!

1. Semangka

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Semangka merupakan salah satu buah paling direkomendasikan bagi penderita stroke. Pasalnya, semangka memiliki kadar air tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Hal inilah yang cocok dengan kondisi pasien stroke karena mendorong oksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Mengonsumsi buah semangka juga tidak menimbulkan efek samping. Bahkan, semangka baik dalam mencegah serangan stroke dan jantung. Sangat direkomendasikan mengonsumsi semangka dalam bentuk vitamin, jus murni, dan air semangka tanpa gula. Serta dikonsumsi sebelum menyantap makanan.

2. Jeruk

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke
Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Jeruk ternyata tidak hanya memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Jeruk yang diolah menjadi jus dan dikonsumsi penderita stroke bermanfaat untuk memperlancar sumbatan yang ada pada pembuluh darah. Supaya aliran darah menjadi lancer seperti sediakala.

Namun, saat mengkonsumsi jeruk murni sebaiknya tidak ditambahkan dengan gula. Pasalnya jeruk sudah mempunyai rasa manis khas, vitamin C, dan kadar gula rendah. Jeruk sangat direkomendasikan pada penderita stroke guna melancarkan pembuluh darah menuju otak. Selain jeruk juga dapat dikonsumsi vitamin C.

Baca juga: 8 Rekomendasi Wisata Di Bengkulu

3. Apel

Buah Apa Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke
Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Apel merupakan buah dengan kandungan potasium dan pektin. Dimana kedua kandungan tersebut beresiko menurunkan potensi penyakit stroke. Adapun kandungan lainnya dalam buah yang bermanfaat yakni quercetin. Disinyalir efektif untuk mengatasi permasalahan inflamasi atau pembuluh darah yang mengeras.

Quercetin juga bekerja memperlancar aliran darah dan mencegah pembuluh darah mengeras. Sehingga, meskipun apel dikonsumsi dalam jumlah banyak justru menimbulkan kebaikan. Buah-buahan apel yang direkomendasikan dapat dibuat menjadi jus tanpa campuran gula.

4. Mengkudu

noni 329500 1920
Gambar oleh Brian Dorff dari Pixabay

Beberapa tahun belakangan mengkudu didaulat sebagai buah-buahan penyembuh berbagai penyakit. Dulunya mengkudu kurang dikenal karena dianggap memiliki rasa dan daging buah yang aneh.

Setelah dilakukan penelitian dan hasilnya mengkudu berkhasiat mengontrol tekanan darah. Barulah mulai booming dan masyarakat berbondong-bondong mengonsumsinya. Mengkudu sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita stroke dengan riwayat darah tinggi atau hipertensi.

Adapun kandungan lain dari buah mengkudu yang bermanfaat seperti mineral, vitamin, dan xeronon. Semua kandungan ini disinyalir efektif memperbaiki fungsi tubuh yang rusak akibat stroke. 

Sehinggam mengkudu aman dikonsumsi saat pasien melakukan terapi stroke dan pasca stroke. Rekomendasi olahan mengkudu yang dapat dikonsumsi penderita stroke berupa jus mengkudu segar tanpa tambahan gula. Selain itu, dapat mengonsumsi multivitamin harian yang memiliki ekstrak mengkudu.

5. Pisang

bananas 652497 1920
Gambar oleh Security dari Pixabay

Buah pisang juga menjadi rekomendasi terbaik jika dikonsumsi oleh pasien stroke. Ada berbagai kandungan baik didalamnya, seperti tinggi kalium. Bahkan, menurut sebuah riset ilmiah mengemukakan diet pisang atau rendah kalium justru meningkatkan resiko stroke.

Namun, masih saja ada orang yang melakukan diet kalium. Ternyata diet kalium membuat peningkatan serangan stroke sebanyak 28%. Konsumsi pisang yang dimaksud sebaiknya dimakan buahnya langsung atau dijadikan jus pisang.

Seperti itulah ulasan buah apa yang bisa menyembuhkan penyakit stroke? dan aman dikonsumsi. Ingat penderita stroke tidak boleh sembarangan mengonsumsi buah karena berpotensi memperburuk kondisi kesehatan. Jangan lupa didorong dengan konsumsi obat-obatan medis secara rutin.

Konsumsi buah-buahan seperti diatas memang tidak ada batasan idealnya. Tetapi bagi penderita stroke tidak disarankan agar mengonsumsi secukupnya saja. Disamping itu, hindari menambahkan gula pasir dan susu skim karena membuat kualitas buah menurun.

Agar penyakit stroke segera sembuh maka lakukan juga terapi dan rehabilitasi. Alhasil pemulihan kesehatan lebih cepat dan meminimalisir kerusakan jaringan tubuh jangka panjang. Tahapan rehabilitasi bagi penderita stroke minimal 6 bulan sampai dengan satu tahun. Semoga informasi buah apa yang bisa menyembuhkan penyakit stroke bermanfaat.

You May Also Like

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

Finance

Picking stocks with the highest dividend yield was the best strategy last decade, according to Bank of America.

Politik

A former high-level employee at Heather Boushey’s think tank publicly aired the accusations on Tuesday night.

Bisnis

SEO is dynamic, and it’s still evolving. Sure, there are some aspects that remain relatively the same, like keyword optimization and many on-page practices....