Connect with us

Hi, what are you looking for?

Informasi

Batas Jam Sholat Dzuhur dan Pentinya Sholat Dzuhur

Batas Jam Sholat Dzuhur dan Pentinya Sholat Dzuhur

Sholat fardhu menjadi hal yang wajib dilakukan bagi memeluk agama Islam, dalam sholat fardhu dibagi menjadi 5 waktu, yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan juga isya’.

Setiap sholat fardhu memiliki batasan waktu sendiri-sendiri. Ulasan berikut akan membahas tentang batas jam sholat dzuhur.

Sholat Dzuhur

Menjadi hal yang lumrah ketika melihat orang-orang muslim berbondong bondong pergi ke masjid ketika sang surya dapat melihat ubun ubun dan menjadi waktu untuk datangnya sholat dzuhur.

Berikut beberapa penjelasan tentang batas jam sholat dzuhur :

1. Batas Sholat Dzuhur Secara Umum

Sholat dzuhur menjadi salah 1 dari sholat fardhu, yang merupakan sholat harian ke 2 dalam keseharian. Sholat dzuhur ini terdiri dari 4 rakaat dan dilakukan setelah tergelincirnya matahari sampai dengan menjelang petang. Yang dimaksud tergelincir disini adalah condongnya matahari.

2. Batas Sholat Dzuhur Menurut Nurhasanah Namin

Penandaan sholat dzuhur sendiri dikutip dari buku karangan dari Nurhasanah Namin. Disini dijelaskan pengerjaan sholat dzuhur adalah mulai dari condongnya matahari ke sebelah barat, hingga bayangan yang terjadi karena sinar matahari sama panjangnya dengan orang tersebut,

3. Batas Sholat Dzuhur dari Para Ahli Fiqih

Sedangkan dari para ahli fiqih sendiri juga telah melakukan penelaahan terhadap waktu untuk sholat dzuhur tersebut. Para ahli fiqih memperkirakan bahwa jatuhnya waktu sholat dzuhur sendiri ialah mulai pukul 12.00 – 15.00 siang. Tergantung dari orang yang akan melaksanakannya untuk memilih yang mana yang dirasa sejalan dengan keyakinan.

Jika di masjid-masjid jadwal sholat sudah di tentukan melalui jam digital masjid. Jam digital mempemudah tugas pengurus masjid.

Pentingnya Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur sendiri merupakan waktu yang tepat ketika melakukan relaksasi atau untuk mengurangi kelelahan akibat aktivitas dalam keseharian. Ketika sudah memasuki waktu sholat dzuhur, mengambil air wudhu menjadi suatu penyegar untuk jamaah.

Saat mengambil air wudhu relaksasi akan terjadi pada sendi dan sentuhan dari air akan membuat beberapa indra menjadi lebih segar dan nyaman. Waktu sholat dzuhur juga merupakan relaksasi untuk jantung agar lebih rileks dengan gerakan dan bacaan sholat yang dilakukan.

Demikian ulasan tentang batas jam sholat dzuhur. Untuk percaya dengan yang mana itu kembali ke diri masing masing. Karena Islam tidak pernah mempersulit pemeluknya, dan tentunya pentingya sholat dzuhur itu pasti karena termasuk sholat fardhu

You May Also Like

Bisnis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Politik

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Bisnis

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Politik

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.